Connect with us

Probolinggo

Banjir Bandang, Ratusan Rumah Warga Terendam 1 Meter

Diterbitkan

||

Banjir bandang yang menggenangi rumah warga. (pix)

Memontum ProbolinggoBanjir bandang yang tiba-tiba turun dari daerah atas menerjang dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Akibatnya, ratusan rumah terendam banjir setinggi 1 meter. Tidak hanya itu banjir bandang tersebut juga menyebabkan lalu lintas macet.

Dengan adanya banjir bandang tersebut menerjang dua desa yaitu di Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu dan Desa Jorongan Kecamatan Leces. Banjir bandang yang mengalir di aliran sungai tersebut meluap di Kedungasem, yang terjadi sejak pukul 16.00 WIB, Sabtu (24/2/2018).

Dari data yang di himpun memontum.com, bahwa di Desa Kedung Dalem Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, terjadinya banjir datang dalam waktu cepat. Sehingga warga yang ada di daerah tersebut tidak sempat menyelamatkan barangnya. Seperti Endang (35), dia tidak bisa menyelamatkan perabotan rumah.

Kondisi luapan air ke jalan raya mengakibatkan macet panjang. (pix)

Kondisi luapan air ke jalan raya mengakibatkan macet panjang. (pix)

“Semua terendam mas, mulai dari kasur, televisi, sepeda motor, kulkas dan perabotan lainnya ikut terendam,” ujar Endang.

Endang, juga menambahkan, kalau banjir ini tergolong cukup besar dibandingkan dengan sebelumnya. Kalau sebelumnya air sungai tidak sampai meluap ke pemukiman warga.

“Sekarang ini banjir yang airnya sampai masuk ke rumah dan jalan di desanya,” tambahnya.

Endang juga mengakui kalau ada kabar sebelum terjadinya banjir. Kalau di daerah selatan terjadi hujan cukup deras.

“Saya sudah dapat kabar kalau di selatan hujan deras, dan tidak menutup kemungkinan kalau akan terjadi banjir besar, tapi pikiran saya tidak seperti ini.” terangnya lagi.

Sementara sama yang dikatakan oleh Sumiati (41), bahwa banjir ini menerjang dua desa. Bahkan diperhitungkan rumah warga yang terendam mencapai ratusan rumah.

“Banyak rumah yang terendam, karena luapan air cukup meluas ke beberapa dusun di dua desa,” tegasnya.

Banjir juga mengakibatkan jalan raya jalur selatan tepatnya di Dusun Sawahan Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, terendam. Sehingga jalanan mengalami kemacetan yang cukup panjang. (pix/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *