Connect with us

Mojokerto

Danramil 0815/07 Jetis Hadiri Ruwat Desa Bendung

Diterbitkan

||

Suasana acara ruwat desa dan peringatan Sumpah Pemuda di Balai Desa Bendung
Memontum Mojokerto Danramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Hari Subiyanto menghadiri acara ruwat desa dan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017 di Balai Desa Bendung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.
Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 500 orang, antara lain Camat Jetis diwakili Sekretaris Kecamatan, Sutomo, Kapolsek Jetis diwakili AKP Imam Subali, Kepala Desa Bendung Abdur Rohim, Babinsa Bendung Sertu Slamet Sugiarto, Bhabinkamtibmas Bendung Briptu Abdul Azis,  Kades se-Kecamatan Jetis, Perangkat Desa Bendung.
Acara diawali dengan pementasan Tari Remo dilanjutkan sambutan Kades Bendung Abdur Rokhim yang menyampaikan bahwa ruwat desa merupakan tradisi masyarakat dan warisan leluhur yang perlu dilestarikan. “Ini merupakan ikhtiar agar terhindar dari marabahaya dan sebagai ungkapan rasa syukur atas semua nikmat yang telah dikaruniakan Allah sehingga rejeki kita akan semakin lancar dan barokah,” jelasnya.
Sementara Forpimka Jetis yang diwakili Sekcam Jetis, Sutomo menyampaikan, melalui ruwat desa ini semoga membawa berkah bagi kita semua utamanya warga masyarakat Desa Bendung semua.
“Mari kita semua komponen masyarakat untuk senantiasa menggelorakan semangat Sumpah Pemuda  demi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia,” ajak Sekcam.
Sementara Danramil 0815/07 Jetis, Kapten Inf Hari Subiyanto, menambahkan, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, utamanya generasi muda harus mewarisi semangat dan nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah diperjuangkan para pemuda Indonesia 89 tahun yang silam demi menjaga persatuan dan kesatuan sehingga NKRI akan tetap utuh dan jaya.
Danramil juga sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Bendung yang telah menyelenggarakan ruwat desa. “Walaupun dalam era modernisasi, namun masih mampu melestarikan budaya dan tradisi leluhur dengan penuh kebersamaan, kekompakan dan semangat gotong royong,” puji Danramil. Acara dilanjutkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan Lakon Kresno Maneges dengan dalang Ki Didik Sasmito. (mrg/ono)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *