Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Ratusan Umat Hindu Upacara Melasti di Pantai Paseban

  • Minggu, 11 Maret 2018 | 14:43
  • / 23 Jumadil Akhir 1439
Ratusan Umat Hindu Upacara Melasti di Pantai Paseban

Memontum JemberRatusan umat Hindu dari beberapa kabupaten di Jawa Timur pada Minggu, (11/3/2018) pagi padati pantai Paseban yang berada di sebelah selatan Jember. Umat Hindu dari Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang dan juga Jember sendiri mulai pukul 07.00 sudah memadati tempat peribadatan untuk melangsungkan upacara Melasti sambut hari raya nyepi 1940 yang jatuh pada tanggal, Sabtu (17/3/2018) mendatang.

Melasti di Pantai Paseban Kencong Jember, umat Hindu saat membawa Jolen dan sesembahan.

Melasti di Pantai Paseban Kencong Jember, umat Hindu saat membawa Jolen dan sesembahan.

Tabuhan Gambur dan kenongan dan juga harum semerbak dari Dupa pada acara khidmat tersebut menambah nuansa sakral pada proses melasti pada pagi ini.

Selain warga umat hindu yang hadir dalam upacara tahunan tersebut warga sekitar ataupun luar daerah juga mendatangi lokasi pantai paseban guna untuk melihat dari dekat prosesi upacara melasti yang di laksanakan oleh umat hindu tersebut.


Puluhan jolen dan ubo rampe yang dibawa dari beberapa umat hindu dari berbagai daerah tersebut selain untuk menyambut hari raya nyepi pada puncak upacara yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut selanjutnya akan di larung ke pinggir pantai yang berada dekat dari tempat peribadatan upacara melasti berlangsung.(Lum/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional