Memontum.Com

iklan kpu kota malang
space ads post kiri

Dinas Ketahanan Pangan Perketat Pengawasan Jajanan di Sekolah

  • Selasa, 13 Maret 2018 | 15:30
  • / 25 Jumadil Akhir 1439
  • Dibaca : 36 kali
Dinas Ketahanan Pangan Perketat Pengawasan Jajanan di Sekolah

Memontum Lumajang—Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang akan perlakukan pengawasan yang lebih terhadap jajanan yang diperjualbelikan di sekolah-sekolah. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika jajanan yang dikonsumsi oleh anak-anak atau siswa sekolah benar-benar aman dan layak konsumsi.

Ir. Paiman mengatakan, Rabu (13/3/2018) pengawasan akan dilakukan dengan cara melakukan uji atau tes pada jajanan yang diperjualbelikan itu. Namun untuk sementara tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena masih keterbatasan alat.

Selama ini, Paiman menyebutkan, pihaknya masih belum memiliki alat tersebut. Untuk itu akan dilakukan koordinasi baik itu dengan pihak provinsi atau pusat mengenai alat yang akan digunakan.

Termasuk koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lumajang seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan. “Kalau kita belum bisa memiliki, kita bisa pinjam dulu,” ujar Paiman.

Paiman mengungkapkan, alat yang akan digunakan, tidak perlu terlalu canggih, namun yang terpenting bisa menunjukkan indikator jajanan itu layak konsumsi atau tidak. “Kita tentukan layak atau tidak, bagus atau kurang bagus,” ungkapnya.

Untuk sasarannya, memang di seluruh wilayah Lumajang. Namun sebagai langkah awal nantinya, didahulukan di sekolah-sekolah yang tidak jauh dari Kantor Dinas Ketahanan Pangan. “Kami akan cek satu per satu,” katanya.

Dalam melakukan pengawasan ini, Paiman menegaskan, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Satpol PP, dan PKK juga akan dilibatkan langsung. Karena mereka juga memiliki wewenang dalam hal ini.

“Jadi ada tim, karena kita akan lakukan terus menerus,” tegasnya. Bahkan, anggota PKK nantinya jika bisa diberikan alat, bisa melakukan pengawasan sendiri. Dengan melakukan pengecekan di sekolah anaknya.(adi/nay)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional