Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Lumajang Dibantu Amerika, Latih Pembuatan Tangki Septik Individual

  • Kamis, 19 April 2018 | 00:44
  • / 3 Sya'ban 1439
Lumajang Dibantu Amerika, Latih Pembuatan Tangki Septik Individual

Memontum Lumajang — Badan Bantuan Pemerintah Amerika Serikat atau yang dikenal Usaid Iuwash Plus bekerjasama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kab. Lumajang mengadakan Pelatihan pembuatan tangki septik individual. Usaid Iawash Plus membantu guna mendukung peningkatan akses air sanitasi dan perilaku hygiene yang adil dan setara bagi masyarakat di Pulosari Kelurahan Citrodiwangsan, RT 03/ RW 14, Kecamatan Lumajang. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, yaitu, 17-19 April 2018.

Fasilitator Usaid Iuwash Plus Kab. Lumajang, Sony Suharsono mengungkapkan, Rabu(18/4/2018) sebagian wilayah Kecamatan Lumajang memiliki kondisi tanah kedalaman 30 cm sudah mengeluarkan air. Hal tersebut menyulitkan masyarakat untuk membuat jamban atau septitank. Untuk itu, melalui pelatihan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan pengetahuan masyarakat untuk membuat tangki septik individual, sehingga kedepan masyarakat bisa memiliki saptiktank di masing-masing rumah yang memenuhi standart kesehatan.

Untuk memaksimalkan hasil program tersebut, Usaid Iuwash Plus juga menghadirkan Tim Ahli Sanitasi dan Praktisi Kesehatan Lingkungan dan unsur pengusaha swasta, berpartisipasi di dalam program tersebut.

Di sisi lain, Kabid Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kab. Lumajang, Ir. Endah Mardiyanah, MT., menyampaikan, pelatihan dan pembangunan septitank memang berbasis pemberdayaan masyarakat. Hal ini masyarakat lebih mengerti kondisi lingkungan sehingga pemerintah hanya memberikan fasilitas.
Ia berharap kegiatan ini dapat berdampak pisitif secara maksimal dan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

Kegiatan tersebut akan terus dipantau dan didampingi oleh pihak Usaid Iuwash Plus maupun Pemkab Lumajang. “Harapannya akan dipantau terus mulai dibangun dan dapat digunakan termasuk antisipasi kebocoran tangki”, ungkapnya.(adi/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional