Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Bupati Blitar Panen Raya di Desa Sragi Kecamatan Talun

  • Kamis, 19 April 2018 | 08:40
  • / 3 Sya'ban 1439
Bupati Blitar Panen Raya di Desa Sragi Kecamatan Talun
Bupati Blitar, Rijanto panen raya padi di dusun Tugurejo Desa Sragi Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.

Memontum Blitar—— Panen raya padi jenis IPB 3S di lahan yang dimiliki Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Enggal Joyo di dusun Tugurejo Desa Sragi Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, dihadiri Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, Selasa (17/4/2018). Dalam sambutannya Bupati Blitar, Rijanto mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Blitar juga sedang berbahagia karena para petani sedang memasuki musim panen. Bupati Rijanto memastikan beras hasil panen petani tidak akan dibawa keluar daerah, karena untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

“Alhamdulillah, ini sangat membahagiakan bagi kita semua. Karena kita kan tau tahun lalu kita tidak bisa panen karena hama wereng, jadi panen ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin,” kata Bupati, Selasa (17/4/2018).

Dijelaskan Rijanto, bahwa panen raya padi ini diselenggarakan oleh Gapoktan Enggal Joyo, artinya panen raya ini juga dilakukan oleh seluruh petani yang ada di Kecamatan Talun.

“Hampir seluruh Gapoktan di Kabupaten Blitar juga sudah menikmati dan menggunakan bantuan Alsintan yang diberikan oleh Dinas Pertanian, sehingga ini menunjang pekerjaan mereka”, jelas Rijanto

Menurut Bupati Blitar, padi yang dipanen ini sebelumnya benih berasal dari Dinas Pertanian yaitu benih jenis IPB 3S, dimana per hektarnya bisa panen padi hingga 7 ton.

“Jadi rata-rata Gapoktan sudah memanfaatkan bantuan alsintan untuk menunjang pekerjaan mereka, Mulai dari menanam padi hingga menanam, bahkan benih juga berasal dari dinas pertanian dan pangan sehingga mayoritas per hektar padi yang dipanen petani bisa mencapai 7 ton”, tandasnya.

Bupati Rijanto, usai menghadiri panen raya padi, memantau peternakan sapi milik salah satu warga setempat yang menggunakan sistem modern, yaitu sistem fermentasi. (fzi/hms/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional