Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Warga Desa Karangharjo Siap Laporkan Kades ke Polisi

  • Kamis, 19 April 2018 | 08:54
  • / 3 Sya'ban 1439
Warga Desa Karangharjo Siap Laporkan Kades ke Polisi
Amin Warga Desa Karangharjo

*Jika Dana Bantuan Pasang Lisdes Tak Diberikan

Memontum Banyuwangi—– Warga Desa Karangharjo ancam polisikan Kepala Desa (Kades) Karangharjo, Miskawi jika dana bantuan pemasangan Listrik Desa (Lisdes) dari Perkebunan PTPN XII Kalirejo kepada warga pemasang Lisdes. Pasalnya warga pemohon pasang Lisdes sudah membayar sesuai dengan kesepakatan, yakni Rp. 3 juta per pemohon.

Amin warga Dusun Sukoharjo, Desa Karangharjo, mengungkapkan, pada tahun 2016 lalu ada progran Listrik Masuk Desa, bagi warga yang menginginkan memasang listrik dikenai biaya Rp. 3 juta. Karena sangat membutuhkan aliran listrik, warga yang ada di Avdeling Sukoharjo dan avdeling Sekarbaru mendapat bantuan dari PTPN XII Kalirejo sebesar Rp. 1 juta.

“Dari dua avdeling, ada 150 pemohon pasang listrik, dan setiap pemohon dapat bantuan Rp.1 juta, dan dana bantuan oleh PTPN XII Kalirejo diberikan kepada Desa Karangharjo, sehingga biaya pasang listrik itu bukannya Rp.3 juta tapi Rp 4 juta, karena setiap pemohon sudah membayar Rp 3 juta,”ungkap Amin, Rabu (18/4/2018) siang.

Dikatakannya, karena setiap pemohon Lisdes sudah melunasi biaya pasang, seharusnya dana bantuan dari Perkebunan PTPN XII Kalirejo diberikan kepada pemohon, bukan dimiliki oleh Kades Karangharjo.

“Tadi malam (Selasa malam-red) saya kerumah Kades Karangharjo, Miskawi meminta dana bantuan itu, namun pak Miskawi tidak mau memberikan, dengan alasan banyak warga yang memohon pasang Lisdes ada yang belum bayar, dan dia (Miskawi) membenarkan dana bantuan Lisdes dari PTPN XII Kalirejo ada pada dirinya,”paparnya.

Lebih lanjut Amin mengatakan, jika Kades Miskawi tidak memberikan dana bantuan Lisdes itu, dirinya bersama warga akan melakukan upaya hukum.

“Kalau dana itu tidak diberikan, ya saya laporkan mas, inikan sama dengan merampas milik orang,”tandasnya.
Sementara Manajer PTPN XII Kalirejo, Markijo melalui Kabag Umum, Alan membenarkan jika dana bantuan Lisdes sudah diberikan kepada Kepala Desa Karangharjo.

“Dana bantuan itu sudah diserahkan ke Kades Miskawi,”kata Kabag Umum Perkebunan PTPN XII, Alan ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya.
Sementara, Kades Karangharjo, Miskawi ketika dikonfirmasi di kantornya, yang bersangkutan tidak ada ditempat, dan ditelp melalui telepon selulernya juga tidak aktif. Menurut beberapa staf, Kades Miskawi sedang ada rapat di kantor Camat Glenmore.

Namun, ketika awak media menghubungi Sekretaris Camat Glenmore, Sulton, apakah saat ini Camat Glenmore rapat dengan Kades se-Kecamatan Glenmore.
“Hari ini, di kantor Camat Glenmore tidak ada rapat,”ujar Sekcam Glenmore, Sulton. (tut/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional