Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

FPRMAM Tuntut Tuntaskan Kasus Dogiyai, Unjuk Rasa di Kota Malang

  • Kamis, 19 April 2018 | 17:54
  • / 3 Sya'ban 1439
FPRMAM Tuntut Tuntaskan Kasus Dogiyai, Unjuk Rasa di Kota Malang
Massa Front Persatuan Rakyat dan Mahasiswa Anti Militerisme (FPRMAM) saat demo di depan DPRD Malang. (rhd)

Memontum Kota MalangSekitar puluhan mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Malang, dengan mengatasnamakan Front Persatuan Rakyat dan Mahasiswa Anti Militerisme (FPRMAM), melakukan aksi damai di depan gedung DPRD Kota Malang, Kamis (19/4/2018). Aksi ini merespon kejadian dugaan pelanggaran HAM di Dogiyai, Papua, 6 April 2018, yang menyebabkan tertembaknya 2 pemuda setempat, yaitu Geri Goo dan Rudi Auwe.

Dalam aksi damai mereka mengajukan beberapa tuntutan, diantaranya usut, tangkap, adili, dan penjarakan pelaku pelanggaran HAM yang telah menembak Geri Goo dan Rudi Auwe; Segera proses sesuai hukum yang berlaku, adili polisi pelaku pelanggaran kode etik baik secara kelembagaan maupun sesuai hukum; Tarik TNI/Polri organik dan non-organik dari seluruh tanah West Papua.

Selanjutnya, Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa harus bertanggung jawab atas penembakan ini sesuai janji saat acara pelantikannya beberapa bulan lalu; Mendesak Komnasham untuk segera langsung turun ke Dogiyai untuk melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran HAM yakni membunuh dengan sadar dan berencana untuk tujuan tujuan-tujuan tertentu dari individu atau lembaga yang bersangkutan; Hentikan eksploitasi dan tutup semua perusahaan milik imperialis di atas tanah West Papua, khususnya di Dogiyai.

“Kami mengutuk keras penembakan itu. Untuk itu kami menginginkan untuk mengusut tuntas dan proses sesuai hukum yang berlaku. Kami juga menginginkan Komnasham melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran HAM,” jelas Meki Huby, jubir aksi.

Berbagai poster berisikan pesan dan tuntutan dipertontonkan sebagai media bersuara, seperti Hapuskan Kriminalisme, Hancurkan Kapitalisme, Lawan Militerisme, dan lainnya. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional