Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Kabupaten Malang, Pilot Project Penerapan Sistem Pengelolaan Sampah Organik Jadi Energi

  • Jumat, 27 April 2018 | 01:17
  • / 11 Sya'ban 1439
Kabupaten Malang, Pilot Project Penerapan Sistem Pengelolaan Sampah Organik Jadi Energi

Memontum Kabupaten MalangKabupaten Malang menjadi yang pertama menjadi percontohan sistem pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan energi listrik IRRC (Integrated Resource Recovery Center). Pasar Mantung yang berada di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon dinilai menjadi lokasi yang cocok.

Rendra Kresna Bupati Kabupaten Malang mengaku sangat beruntung jika daerah yang dia pimpin menjadi tempat pertama di Jatim. Rendra yang memang dikenal sebagai pemerhati sampah ini berharap pedagang dan masyarakat bisa memaksimalkan pembangunan demi meminimalisir pengeluaran biaya agar pedagang dan warga sekitar lebih sejahtera.

Bupati Malang Rendra Kresna saat meninjau lokasi pembangunan

Bupati Malang Rendra Kresna saat meninjau lokasi pembangunan

Rendra juga memiliki alasan yang kuat tentang pentingnya mengatasi sampah. Sebab hanya karena sampah bisa menciptakan gesekan antar daerah, antar masyarakat dan sebagainya.

“Sampah itu bisa menjadi masalah atau berkah bagi masyarakat tergantung kita bagaimana mengelolanya. Sampah harus segera diatasi demi terjaganya kebersihan lingkungan sekitar, ” ungkap Rendra usai meresmikan dan meninjau bangunan, Kamis (26/4/2018).

Kemudian, Ir Budi Ismoyo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang menjelaskan jika unit pengolahan sampah ini dibangun dari dana hibah United Cities and Local Goverments Asia Pasific (UCLG ASPAC). Diharapkan, IRRC Mantung bisa mengatasi sampah di sekitar Pasar Mantung/Kecamatan Pujon.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional