Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

KPU Lamongan Sosialisasi di Lapas, Pastikan Hak Pilih Terlayani

  • Minggu, 29 April 2018 | 18:00
  • / 13 Sya'ban 1439
KPU Lamongan Sosialisasi di Lapas, Pastikan Hak Pilih Terlayani
Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Lamongan, MH. Fatkhur Rohman saat menyampaikan materi di depan warga binaan Lapas Klas IIB Lamongan.

Memontum Lamongan—-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan,  menggelar sosialisasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Lamongan, Sabtu, (28/4/2018). Hal itu dilakukan KPU Lamongan sebagai upaya untuk  memastikan warga binaan di  Lapas Klas IIB bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim.

“Sosialisasi yang kita lakukan dengan warga binaan Lapas Lamongan ini, adalah merupakan transformasi informasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Lamongan, bahwa warga Lapas Lamongan juga memiliki hak yang sama dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” kata Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Lamongan, MH. Fatkhur Rohman, Sabtu (28/4/2018).


Dikatakan Fatkhur ada sebanyak 614 warga binaan Lapas Klas IIB yang sudah dilakukan pemutakhiran data pemilih.

“Pemutakhiran ini bagi warga yang memiliki identitas, baik itu NIK, dan nomor KK-nya itu sesuai dengan identitas e-KTP mereka,” terangnya.

Dari total 614 itu,  Fatkhur mengungkapkan baru ada 305 yang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap. Dan sisanya yang tidak masuk dalam DPT, tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan formulir A5.


“Untuk proses A5 ini akan kita lakukan koordinasi terus menerus dengan pihak Lapas Lamongan, dan berkoordinasi dengan KPU asal warga binaan Lapas Lamongan agar mereka menggunakan hak pilihnya nanti,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Fatkhur menuturkan untuk menfasilitasi warga binaan Lapas Klas IIB di Lamongan untuk menyalurkan hak pilihnya ini,  KPU akan mempersiapkan TPS khusus di Lapas Klas IIB Lamongan saat pencoblosan.

“Tentunya mengakomodir mereka menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jatim pada 27 Juni 2018 mendatang,” pungkasnya. (ifa/zen/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional