Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Edy Murtono PJS Sekda, Alwi Siap Maju Lelang Jabatan

  • Senin, 30 April 2018 | 12:17
  • / 14 Sya'ban 1439
Edy Murtono PJS Sekda, Alwi Siap Maju Lelang Jabatan
Parkiran Mobil Dinas di Pendopo Agung Pemkab Malang. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Memontum Kota BatuEdy Murtono Kepala Inspektorat Pemkot Batu ditunjuk sebagai penjabat sementara (pjs) Sekda Kota Batu. Karena sebelum dimulainya lelang jabatan, terlebih dulu dilakukan penunjukan pjs sekda untuk menggantikan Plt (pelaksana tugas) yang kini dijabat Drs Alwi. Peran utama pjs sekda yaitu untuk menyiapkan lelang jabatan.

Jadi bisa dipastikan Pemkot Batu segera memiliki sekda definitif serta nantinya bisa menggelar mutasi untuk mengisi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong.

” Dalam waktu dekat, proses lelang jabatan secara terbuka bakal digelar. Ya, nanti Insyallah secepatnya, “ungkap Dewanti Rumpoko Wali Kota Batu beberapa waktu lalu.

Nantinya, ungkap, Wiwik Sukesi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu pjs tidak boleh ikut lelang terbuka. Karena pjs sekda yang melaksanakan lelang tersebut. Hingga saat ini, selain kursi sekda Kota Batu, beberapa kursi kepala OPD (organisasi perangkat daerah) juga kosong atau belum diisi pejabat difenitif.

” Siapa yang bisa ikut dalam lelang jabatan tersebut nanti bisa diikuti oleh ASN di Jawa Timur karena bersifat open building. Syaratnya, untuk Sekda misalnya, minimal pernah menjabat eselon 2 dan maksimal berusia 56 tahun, ” jelas Wiwik, Minggu (29/4/2018).

Akan tetapi, ungkap Wiwik lagi, izin penunjukan Pjs memang masih menunggu persetujuan mendagri. Sekarang, izin dari gubernur sudah disetujui, jadi hanya menunggu hasil dari mendagri. Praktis, hingga saat ini kursi sekda masih dipegang Alwi dengan status Plt.

“Nanti kalau sudah diperbolehkan, baru dari kepala daerah bisa melakukan penunjukan penjabat (Pjs). Untuk mendagri kami harap secepatnya. Lebih cepat, lebih baik,” harap wanita berkerudung ini.

Sebab, lanjut dia, jika sudah ada Pjs, tahapan untuk lelang terbuka baru bisa dilakukan. Termasuk jabatan sekda dan kepala dinas. Dengan aturan yang sudah disampaikan, ada kemungkinan Plt Sekda saat ini, Drs Alwi juga bisa mendaftarkan dirinya dalam lelang.

” Kalau saya terserah Pak Gubernur, karena saya kan staf Pak Gubernur. Jika memang ada instruksi dari gubernur, saya siap maju dalam lelang terbuka untuk jabatan sekda definitif. Jadi ya mengikuti saja. Kalau memang diminta, ya insya Allah siap,” terang Alwi kepada Memo X.

Sebelumnya, Alwi memang digadang-gadang tetap maju dalam lelang terbuka kursi sekda. Karena permasalahan ini, beberapa program OPD agak terganggu sebab masih banyak OPD yang diisi oleh plt yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan Kepala Dinas Pendidikan (awal Mei ini, pejabatnya memasuki masa pensiun). (lih/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional