Connect with us

Mojokerto

Apa Pesan Danramil Puri saat Ruwat Dusun Trenggumung?

Diterbitkan

||

Apa Pesan Danramil Puri saat Ruwat Dusun Trenggumung

Memontum Mojokerto – Danramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf MR Harjono, S.Sos, bersama Unsur Forpimka menghadiri acara Ruwat Dusun, yang berlangsung Balai Dusun Trenggumung, Desa Tambak Agung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (29/4/2018) malam.

Selain Danramil dan Unsur Forpimka Puri, tampak pula Kades Tambak Agung Filla Muji Utomo, seluruh tokoh masyarakat dan seluruh warga Dusun Trenggumung turut hadir dalam kegiatan ruwah dusun tersebut.

Perlu diketahui, sebagian Masyarakat Mojokerto sampai saat ini masih memegang teguh tradisi leluhur atau tardisi dari nenek moyang salah satunya tradisi Ruwat Dusun/Desa atau Bersih Desa, dan lain-lain. Agenda tahunan ini dikemas dalam bentuk syukuran dilanjutkan hiburan campursari dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Tradisi ruwat dusun atau sedekah bumi ini untuk memperingati/menjalankan tradisi peninggalan nenek moyang yang telah berjalan sejak ratusan tahun yang lalu. Ruwah dusun ini sebagai perwujudan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah diperoleh termasuk hasil bumi dan lain-lain sekaligus memohon untuk keselamatan dan kemakmuran seluruh warga desa.

Kepala Desa Tambak Agung Filla Muji Utomo mengharapkan agar tradisi ruwah dusun ini dapat dilaksanakan setiap tahun, untuk melestarikan tradisi leluhur. “Semoga ke depan, warga Dusun Trenggumung Desa Tambak Agung bisa lebih maju dan terus bergotong royong dalam kegiatan apapun demi kemajuan dusun/desa,” ujarnya.

Masih di lokasi yang sama, Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR. Harjono, S.Sos, menyampaikan, kegiatan ruwah dusun patut diapresiasi secara positif. “Ini salah satu upaya menjaga, memelihara dan melestarikan tradisi leluhur, semoga Dusun Trenggumung, agar bertambah maju, makmur dan sukses,” terang Kades.

Sementara Danramil berpesan kepada seluruh warga masyarakat Dusun Trenggumung, untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif, terlebih menjalang Pilkada Jatim. “Beda pilihan itu lumrah, siapapuin pemimpin yang terpilih tentunya itu yang terbaik bagi masyarakat,” tegas Danramil.

“Mari kita bersama-sama, guyub rukun menjaga rasa persaudaran dan memperkokoh semangat persatuan demi keamanan dan ketertiban sehingga pembangunan akan terus berlangsung sesuai yang diprogramkan pemerintah,” ajak Danramil. (gan/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *