Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Ratusan Buruh di Blitar Donor Darah Rayakan May Day

  • Selasa, 1 Mei 2018 | 20:15
  • / 15 Sya'ban 1439
Ratusan Buruh di Blitar Donor Darah Rayakan May Day
Aksi donor darah ratusan buruh di Kabupaten Blitar dalam menyambut Hari Buruh Internasional

Memontum Blitar – Ratusan buruh di Kabupaten Blitar dalam menyambut Hari Buruh Internasional, memilih melakukan aksi donor darah ketimbang turun ke jalan untuk melakukam aksi unjuk rasa. Sekitar 150 buruh dari berbagai perusahaan di Kabupaten Blitar mendonorkan darah mereka sebagai bentuk aksi sosial di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro Kabupaten Blitar, Selasa (01/05/2018).

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridha mengatakan, acara donor darah ini sebenarnya diprakarsai Polres Blitar. Kegiatan ini dilakukan, untuk mempererat hubungan antara buruh dan pengusaha. Selain itu merangkul para buruh untuk melakukan kegiatan positif dalam menyambut May Day (Hari Buruh Internasional).

“Selain donor darah, Polres Blitar juga memfasilitasi para buruh untuk melakukan dialog dengan pemilik usaha tempat mereka bekerja. Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat baik bagi buruh maupun pengusaga. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara pengusaha dna buruh”, kata AKBP Anisullah M. Ridha, Selasa (01/05/2018).

Di tempat yang sama, Aspadi salah satu buruh di Kabupaten Blitar mengaku, saat ini masih banyak pengusaha di Blitar yang membayar gaji buruh di bawah besaran Upah Minimum Regional (UMR). Kesenjangan ekonomi yang terjadi antara buruh dan para pengusaha dinilai terlalu jauh. Bahkan para buruh tersebut kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Di Blitar memang upah buruh masih banyak yang di bawah UMR. Era saat ini buruh sulit sekali untuk bertahan hidup. Namun kita juga ingin tetap bermanfaat bagi orang lain, salah satunya dengan donor darah ini”, tandas Aspadi.

Aspadi meminta pemerintah untuk membatu para buruh menegakkan peraturan yang mengatur tentang pembayaran gaji maupun upah dari para pengusaha kepada para pekerja. Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 75 Tahun 2017 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota Di Jawa Timur tahun 2018, besaran UMK untuk Kabupaten Blitar sebesar Rp. 1.653.383,98 sedangkan Kota Blitar sebesar Rp. 1.640.439,34.

“Saya berharap Instansi terkait termasuk dewan pengawas mampu menegakkan aturan tersebut. Sehingga karyawan bisa digaji sesuai UMK”, pungkasnya. (jar/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional