Connect with us

Mojokerto

Bati Tuud Koramil 0815/02 Trowulan Ikuti Sosialisasi KUR Tani BNI

Diterbitkan

||

Bati Tuud Koramil 081502 Trowulan Ikuti Sosialisasi KUR Tani BNI

Memontum Mojokerto – Bati Tuud Koramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815 Mojokerto Pelda Abdul Muntolib menghadiri kegiatan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani BNI yang dilangsungkan di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Trowulan, Desa Jambuwok Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Rabu (02/05/2018).

Sosialisasi KUR Tani BNI yang diikuti sekitar 60 orang perwakilan Poktan se-Kecamatan Trowulan, dibuka oleh Koordinator PPL Kecamatan Trowulan Imam Syafi’i.

Dalam sambutannya Imam Syafi’i mempersilahkan 54 Poktan yang ada di wilayah Kecamatan Trowulan, untuk mengajukan KUR Tani BNI sesuai persyaratan yang sudah ditentukan pihak Bank.

Petugas BNI Kanca Mojokerto, Aan, menyampaikan sosialisasi KUR Tani BNI ini bertujuan untuk menginformasikan Program BNI ‘46 yang memberikan kemudahan bagi kelompok tani.

“Pemberian KUR Tani ini, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Masih kata Petugas BNI, KUR Tani disalurkan melalui Kartu Tani yang sudah didistribusikan sebelumnya. “Pemberian KUR Tani ini untuk memberikan modal usaha dengan bunga rendah kepada para petani yang ada di wilayah Kecamatan Trowulan,” katanya menambahkan.

Adapun besarnya pengajuan pinjaman disesuaikan dengan luas areal sawah yang dikelola, minimal satu hektar sampai dengan dua hektar. Sementara untuk luas sawah satu hektar mendapat Rp 10 juta sedangkan sawah dengan luas dua hektar mendapatkan Rp 20 juta.

“Pinjaman modal ini digunakan untuk kelompok tani yang berjumlah 6 hingga 25 orang petani dengan pembayaran setiap selesai musim panen atau dalam empat bulan,” terangnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan KUR Tani tersebut, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya Kartu Rencana Definif Kebutuhan Kelompok (RDKK) bagi Poktan/Gapoktan, Kartu Tani, fotokopi KTP, KK dan Surat Nikah.

Pelda Abd. Muntolib dengan menjelaskan dengan adanya program KUR Tani ini akan memudahkan para petani mendapatkan pinjaman dengan bunga ringan untuk modal usaha pertanian.

“Penyaluran KUR Tani ini, meruoakan kerja sama antara BNI dengan TNI dalam percepatan penyaluran KUR,” tandasnya.

“Diharapkan dengan adanya KUR Tani ini para petani akan lebih sejahtera sehingga program ketahanan pangan yang digulirkan pemerintah dapat tercapai tepat waktu, ujarnya. (gan/ono)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *