Memontum.Com

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
space ads post kiri

Berkah Ramadhan Bagi Pedagang Ikan di Danau Ranu Pakis

  • Minggu, 3 Juni 2018 | 14:06
  • / 19 Ramadhan 1439
  • Dibaca : 139 kali
Berkah Ramadhan Bagi Pedagang Ikan di Danau Ranu Pakis

Memontum LumajangBulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang ikan yang berjualan di pinggiran Danau Ranu Pakis Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Pada bulan puasa rata- rata omset penjualan para pedagang meningkat, bila hari biasa mereka hanya bisa menjual ikan maksimal 15 kg, pada bulan ini penjualan bisa mencapai 35 kg.

Hal ini tentu sangat menggembirakan tidak hanya bagi para pedagang namun otomatis juga bagi para peternak ikan kerambah Danau Ranu Pakis. Seperti yang dikatakan pedagang ikan, Suha (44) warga, Desa Ranupakis Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Bahwa untuk bulan ramadhan omset penjualan meningkat.

“Alhamdulillah di bulan ramadhan ini, sehari bisa mencapai 30-35 kg, kalau hari biasa paling banyak 15 kg,” Tuturnya, Minggu (3/6/2018).

Saat ditanya terkait harga jual ikan pada bulan ramadhan, Suha menyampaikan, tidak ada kenaikan harga, ikan jenis mujaer hasil peternak kerambah Danau Ranu Pakis Kecamatan Klakah yang dijualnya harganya sama seperti ia menjual dihari biasa.

“Harganya sama seperti hari biasa, tidak ada kenaikan, 1 kg ada yang 35, ada juga yang 30rb / kg tergantung ukuran besar kecilnya” terang Suha.

Danau Ranu Pakis merupakan salah satu danau yang berada dalam segi tiga ranu yaitu Ranu Bedali , Ranu Klakah Dan Ranu Pakis . Danau Ranu Pakis terbentuk dari letusan Gunung lamongan , dan masih alami pemandangannya belum tersentuh pembangunan kawasan wisata, keindahannya masih natural.

Para penduduk sekitar Danau membudidayakan ikan air tawar , seperti ikan mujair dan ikan nila , terkadang bila kita berkunjung langsung di Ranu Pakis ini kita di suguhi dengan atraksi nelayan yang sedang menjaring ikan sehingga kita bisa tahu cara menagkap ikan secara langsung.(adi/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional