Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Bupati Faida Berniat Libatkan Mahasiswa Dalam Memajukan Sektor Pertanian

  • Rabu, 23 Mei 2018 | 15:50
  • / 8 Ramadhan 1439
  • Dibaca : 149 kali
Bupati Faida Berniat Libatkan Mahasiswa Dalam Memajukan Sektor Pertanian

Memontum Jember Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Kerja, Andi Amran Sulaiman, mendatangi Kabupaten Jember setelah sehari melakukan lawatannya ke Kabupaten Bondowoso. Hal ini merupakan bagian dari salah satu program kementrian Pertanian untuk pengentasan kemiskinan diwilayah Kabupaten seluruh Indonesia. Penyerahkan langsung bantuan hewan ternak serta bibit kopi dalam program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja), Rabu (23/5/18).

Menteri Andi Amran menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat menyiapkan bantuan ternak sebanyak 10 juta ayam untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia. Diharapkan, lanjut Andi Amran, dengan adanya pemberian ternak ayam ini, masyarakat bisa diberdayakan untuk budidaya ayam tersebut.“Kita bagikan 50 ekor ayam per KK, saya dan Ibu Bupati Jember tadi sudah sepakat guna membangun cluster, dimana setiap cluster ini terdiri dari 3 kecamatan yang saling berdekatan,” kata Menteri Pertanian RI, Andi Amran di sela-sela kunjungannya, siang hari ini.

Menteri Kabinet Indonesia Bersatu ini mengharapkan Pemerintah bisa mengedukasi masyarakat dengan pendampingan, dalam ternak ayam ini nantinya. Tak hanya itu saja, lanjutnya, akan diberikan cara penetasan yang benar, yang kemudian dari telur-telur yang sudah menetas tersebut bisa dibagikan ke keluarga pra-sejahtera lainnya.

Selain ternak ayam, juga ada kambing dan bibit tanaman kopi unggul supaya ditumbuh kembangkan oleh masyarakat, Mentan optimis dengan cara ini maksimal 1 tahun ke depan, Indonesia sudah bisa terlepas dari kemiskinan.

Sementara itu, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, juga menerangkan bahwa pendamping dari Pemerintah Daerah nantinya akan memanfaatkan para mahasiswa pertanian. “Mahasiswa pertanian nanti diikutkan TOT, kemudian juga mendampingi masyarakat, untuk menyukseskan program pengentasan kemiskinan kuncinya adalah SDM (Sumber Daya Manusia),” terang Bupati Jember, Faida.

Faida berjanji jika program ini bisa berhasil maka juga akan dianggarkan menggunakan anggaran Pemerintah Daerah. (ren/min)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional