Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Bupati Faida Perintahkan Percepatan Layanan Adminduk

  • Kamis, 24 Mei 2018 | 15:51
  • / 9 Ramadhan 1439
  • Dibaca : 16 kali
Bupati Faida Perintahkan Percepatan Layanan Adminduk
Bupati Faida mengecek pelayanan Pendopo Espress sebagai upaya terobosan dalam percepatan pelayanan adminduk

Memontum Jember Bupati Jember dr Hj Faida MMR akhirnya minta agar pelayanan administrasi data kependudukan (Adminduk) bisa lebih cepat lagi dan masyarakat bisa terlayani dengan baik. Untuk itulah ia telah mengerahkan tenaga khusus yang tergabung dalam ‘Pendopo Express’ yang bertugas mengantar langsung KTP, KK maupun akta kependudukan lainnya langsung ke rumah warga. Petugas Pendopo Ekpress ini mengkhususkan mengantar E-KTP yang sudah lama diurus tapi belum diambil. Rata-rata warga yang rumahnya ada di pelosok desa.“Semuanya gratis. Akta kependudukan yang sudah jadi diantar langsung ke rumah warga tanpa ada pungli,” ujar Bupati Faida saat di Kecamatan Puger.

Dijelaskan, ternyata masih ada 68 ribu KTP dan KK yang sudah diurus warga sejak lama belum didistribusikan. Untuk itu petugas ‘Pendopo Express’ bertugas mempercepat distribusi e-KTP dengan cara diantar ke rumah warga.“Hingga kini, petugas Pendopo Ekpress telah menuntaskan distribusi sebanyak 45 ribu e-KTP dan KK yang sudah jadi,” ujarnya. Sedangkan sisanya sekitar 23 ribu akan dibagi bersama dengan 67 ribu e-KTP dan KK yang masih dslam proses percepatan penyelesaian.

“Ramadan ini bersamaan dengan program Pasar Murah di kecamatan-kecamatan, e-KTP dan KK yang sudah jadi akan didistribusikan. Kegiatan Ngantor di Desa yanh digelar di Kecamatan Puger sebanyak 6000 E-KTP dan KK yang sudah jadi didistribusikan bersama kades,” ujar Faida.Tidak hanya itu saja, momentum ramadan ini juga dimanfaatkan betul untuk mempercepat distribusikan E- KTP agar bisa diterima warga.

Berdasarkan data per 19 Mei 2018, ternyata masih ada 19 ribu warga yang masih memegang suket (surat keterangan) dan e-KTP belum tercetak. Untungnya, blangko e-KTP dari pusat sudah datang dan sangat mencukupi untuk kebutuhan Jember. Saat ini masih ada 35 ribu keping, sehingga 19 ribu warga yang masih memegang suket akan dituntaskann pencetakan e-KTP nya. Sedangkan sebanyak 2 ribuan belum bisa cetak karena menunggu verifikasi komputer pusat.“Yang pasti persoalan e-KTP menjadi perhatian kita. Kita urai persoalannya sehingga bisa dilakukan percepatan,” ujarnya.

Bupati Faida menjelaskan, Jember beruntung diberi 60.000 keping blanko e KTP oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, sehingga bisa mencetak dan  mengganti suket. “Ini yang sekarang didistribusi bersamaan dengan Pasar Murah di bulan ramadan Jember di seluruh kecamatan, ini juga seluruh OPD terkait akan sinergi melayani masyarakat,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Bupati peraih Penghargaan Satya Lencana dari Presiden ini, Jember dapat tambahan lagi 40.000  keping dan saat ini Dispendukcapil terus mencetak e-KTP,  baik yang dari suket maupun yang perekaman baru. (ren/min)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional