Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Peringati Harlah Pancasila, Bupati Faida Terbitkan Surat Edaran

  • Kamis, 31 Mei 2018 | 16:50
  • / 16 Ramadhan 1439
  • Dibaca : 34 kali
Peringati Harlah Pancasila, Bupati Faida Terbitkan Surat Edaran
Surat Edaran Bupati Jember

Memontum Jember Masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui bahwa Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari lahirnya Pancasila. Memang, diakui penetapan 1 Juni sebagai hari Lahirnya Pancasila masih tergolong baru, yaitu pada Tahun 2016, melalui Surat Keputusan Presiden Nomer 24 tahun 2016, yang memungkinkan banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui.

Untuk memaksimalkan serta semakin menkhitmadkan peringatan Hari Lahirnya Pancasila tersebut. Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, juga menerbitkan Surat Edaran Bupati Jember yang memerintahkan semua Camat bersama jajaran Muspika yang ada diwilayah untuk melibatkan semua anggota polsek, Anggota Koramil, Kades/Lurah, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Veteran, serta perwakilan siswa dari SMP-SMA untuk melaksanakan Upavara Bendera secara serentak pada Tanggal 1 Juni dimasing-masing wilayah Kecamatan. Tak hanya itu saja, melalui Surat Edaran Bupati tersebut, juga mewajibkan bagi semua lembaga Pendidikan setingkat SMP dan SMA, baik swasta maupun Negeri, untuk malaksanakan upacara serupa dimasing sekolah secara serentak pada tanggal 1 Juni.

Bupati Faida melalui Surat Edarannya tersebut juga mewajibkan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki halaman untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pemasangan spanduk, baliho, dan banner dengan gambar Logo “Kita Pancasila”, dengan tema “Bersatu, Berbagi, Berprestasi”, termasuk gambar Bupati dan wakil Bupati Jember dengan Salam Pancasila. Selain itu juga, diwajibkan juga bagi seluruh OPD.

Bupati Faida sendiri dengan menerbitkannya Surat Edaran terkait kegiatan sebulan penuh peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini, menginginkan kekuatan-kekuatan potensi masyarakat juga dilibatkan dalam peringatan ini nantinya. Hal ini, terlihat adanya instruksi pakaian-pakaian adat yang harus dikenakan oleh masyarakat yang mengikuti Upacara itu nantinya. Bahkan, akan ada hadiah dan penghargaan bagi pakaian adat yang terunik.

Bahkan, untuk semakin khidmatnya pelaksanaan peringatan hari lahirnya Pancasila ini nantinya. Bupati Jember bersama seluruh OPD dan staf Pemkab Jember juga akan menggelar Doa Bersama Kebangsaan yang juga dikemas dalam Buka Bersama dengan seluruh Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama Se-Kab Jember. (ren/min)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional