Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Kunci Kontak Tertinggal, Motor Digondol Maling

  • Selasa, 10 Juli 2018 | 17:50
  • / 26 Syawal 1439
Kunci Kontak Tertinggal, Motor Digondol Maling
Tersangka Mustaji dan Afif Nur Hamsah. (gie)

Memontum Kota Malang—–Dua tersangka Mustaji (42) warga Jl Kebalen Wetan Gang VI, Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang dan Afif Nur Hamsah (42) warga Jl Klayatan Gang II/Kemantren, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (10/7/2018) siang, dirikis di Polres Malang Kota. Mustaji adalah pelaku Curanmor sedangkan Afif adalah penadah motor curian.

Mustaji telah mencuri Motor Vario Nopol N 2662 BT milik Alfin Rahman (39) warga Jl Polowijen Gang III, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, pada 21 Februari 2017 sekitar pukul 11.30 di Jl Kebalen Wetan Gang Moris.
Informasi Memo X menyebutkan bahwa saat kejadian, Alfin Rahman memarkir motornya di Jl Kebalen Wetan Gang Moris. Saat itu motor ditinggal untuk mengantar daging. Nampaknya Alfin terlupa tidak mencabut kunci kontak motor.

Tak lama kemudian saat motor dalam kondisi tak terjaga, muncul Mustaji berjalan disekitar lokasi. Mustaji yang melihat ada motor dan kunci kontaknya masih menempel, timbul niatan untuk mencuri.
Setelah memastikan kondisi aman, Mustaji memcuri motor tersebut. Kajadian itu diketahui Alfin beberapa saat kemudian. Karena motornya telah hilang, Alfin melapor ke Polres Malang Kota. Sementara itu Mustaji membawa motor curiannya itu pulang ke rumah.

Beberapa hari kemudian, Mustaji menganti Nopol menjadi N 4450 IW dan menjualnya kepada Afif Nur seharga Rp 2 juta. Beberapa hari lalu, Afif Nur berencana menganti Nopol motor di salah satu jasa pembuat nopol di Jl Tenaga Kecamamatan Blimbing, Kota Malang. Namun aksinya itu malah mengantarkannya ke penjara. Sebab petugas Polres Malang Kota segera saja membekuknya saat proses pembuatan Nopol.

Dari keterangan Afif Nur inilah kemudian mengarah ke Mustaji. Dia pun dibekuk di rumahnya beberapa hari lalu. Kepada petugas, Mustaji mengaku baru sekali ini mencuri motor karena ada kesempatan melihat kunci kontak motor tertinggal.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK MH mengatakan bahwa tersangka MJ dikenakan Pasal 362 KUHP dan tersangk AN dikenakan Pasal 480 KUHP. ” Tersangka MJ kami tangkap karena kasus pencurian kendaraan bermotor. Sedangkan AN kami tangkap sebagai penadah. Kami mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati saat memarkir.kendaraan bermotor. Jangan beri kesempatan pelaku Curanmor untuk melakukan aksinya. Jangan tinggalkan kunci kontak di motor. Pastikan motor aman dan pasang kunci ganda,” ujar AKBP Asfuri. (gie/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional