Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Siapkan Mental Mahasiswa PIMNAS, FK-UB Gelar Expo PKM 2018

  • Jumat, 13 Juli 2018 | 18:07
  • / 29 Syawal 1439
Siapkan Mental Mahasiswa PIMNAS, FK-UB Gelar Expo PKM 2018
WR 3 UB Prof Dr Ir Arief Prayitno, dan WD 3 FK-UB Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W., M.Kes., Sp Rad. (K), meninjau kesiapan mahasiswa peserta PIMNAS. (rhd)

Memontum Kota Malang—-Jelang Monev Internal UB di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB, pada 14-15/7/2018, dan Monev Eksternal oleh tim review Kemenristekdikti, pada 19-21/7/2018, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB) berupaya mempersiapkan mahasiswa untuk mematangkan diri sebelum ajang PIMNAS 2018, yang bakal diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), 27 Agustus hingga 2 September 2018. Salah satunya dengan menggelar Expo PKM FK-UB 2018, di Graha Medika FK-UB, Malang, Kamis (13/7/2018).

Ada 9 PKM FK-UB yang dipamerkan dan langsung dievaluasi/dinilai oleh tim pembina PKM UB. Ke-9 PKM FK-UB tersebut merupakan bagian dari total 175 PKM UB. Meski masing-masing tim PKM sudah memiliki point 30 persen dari proposal PKM, namun untuk lolos PIMNAS program PKM harus sudah jadi 80 persen. Selain itu, hasil monev internal bisa menjadi pertimbangan juri eksternal dalam memberikan nilai di monev eksternal.

Wakil Rektor III UB Prof Dr Ir Arief Prayitno, menyambut baik pembinaan yang digelar FK-UB. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu sebagai persiapan para mahasiswa sebelum maju dalam PIMNAS 2018. “Expo ini sangat membantu UB dalam menyukseskan target UB menjadi juara umum ke-7 kali, sekaligus Quatrick juara umum PIMNAS empat kali berturut-turut. Kami harapkan tiap fakultas melakukan pembinaan semaksimal mungkin dengan pembinaan potensi mahasiswa yang matang. Kami juga sudah menyiapkan reward yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu bagi para juara nantinya,” terang Ayik, sapaan akrabnya.

 WR 3 UB bersama dosen tim PKM FK-UB. (rhd)

WR 3 UB bersama dosen tim PKM FK-UB. (rhd)

Sementara itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FKUB Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W., M.Kes., Sp Rad. (K) mengatakan expo ini dilakukan secara rutin digelar sebelum monev internal UB. Harapannya, dapat memberikan progres signifikan dalam mempersiapkan diri sebelum PIMNAS. “Ada 8 dari 9 PKM yang siap lebih dari 80 persen. Secepatnya harus progress maksimal. Saat ini terjadi pergeseran trend dari mahasiswa yang sebelumnya suka PIMNAS tapi sekarang lebih ke lomba internasional. Kami terus berupaya memacu agar mahasiswa juga bergairah dalam PIMNAS,” terang Yuyun.

Adapun 9 judul proposal yang lolos, diantaranya (1) Muffin Oreo (Serum Fish Bone Oreochromis niloticus For Antianging) : “Pemanfaatan Limbah Tulang Ikan Nila Sebagai Serum Antiaging Berbasis Nana Transformer”, oleh Citra Fajar Waruju, Kohita Rahma Perdana, Indira Hatmanti Puspitasari; (2) P-FLAP : Pemanfaatan Membran Bakteri Pseudomonas Flueoreoscens Sebagai Terapi Pneumoniae (Infeksi Paru-paru), oleh Rivaldo Brahmantio Hardani, Putu Sri Maharani Utami, dan Edvin Prawira Negara; (3) ROLADE (Beringin Obat Luka Diabetes) : Pemanfaatan Ekstrak Daun Ficus Religiosa Sebagai Terapi Penyembuhan Luka Pada Penderita Diabetes, oleh Bigy Nuuron Dana, Agung Dwi Krisnayana, Nadya Vira Saputri; (4) Gerakan Siswa Sadar Bullying “Gasing” : Upaya Preventif dan Rehabilitasi Bullying
pada siswa SMPN 4 Malang, oleh Iqbal Sholahudin Maududdy, Agung Dwi Krisnayana, Fitrah Aulia Lisabilla, Tuntun Parwati, dan Syafira Idhatun Nasyiah.

Dilanjutkan (5) Dua Kates (Madu Randu Anti Luka Kaki Diabetes) : Formalasi Patch Nanoemulsi Berbasis Hydrogel dari Madu Tanaman Kapuk Randu (Ceiba Pentranda) sebagai Inovasi Penutup Luka pada Penderita Luka Kaki Diabetes (Diabetic Foot Ulcer)
Oleh: Made Prissila Prindani, Ramendra Dirgantara Putra, Kadek Devi Arum Savitri; (6) Panda Seri (Program Konseling dan Edukasi Kesehatan Reproduksi) Berbasis Direct Skill Practice Pada Wanita Usia Subur di Posyandu Desa Ganjaran Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang, oleh Dewi Pamekas, Gheza Dearysma Kinanti Putri, Maulida Diah Setiawati, Dina Dwi Puryani, Ayu Shinta Arizona; (7) CFD Foam (Crinicum Asiaticum L. for Diabetic Ulcer Foam) : Ekstrak Daun Baktmg Crinum Asiaticum L. Sebagai Solusi Alternatif Perawatan Luka (Ulkus) Diabetes pada Model Tikus (Strain Wistar), oleh Ni Made Ari Widayani, Anisa Hanifatin Rahayu, Desi Christin Saragih; (8) Duracyver (Duanliella sp. Therapeutical Potencyfo Chronic Liver Disease) : Terapi Pengembangan Non Alcoholic Fatty Liver Disease dari Ekstra Dunaliella sp. Sebagai Potensi Perbaikan Profi1 Lipid dan Penuruan TNF-a Hepar Berbasis Hepatoprotektif pada Tikus Wistar Diet Aterogenik, oleh Nabilah Hanifah Mukti, Shilvia Astryanti, Khalid Amjad; (9) LAR – PHD (Identifier And Recorder patient with Database) : Otomatisasi Identifikasi Pasien Berbasis Kartu RFID di Rumah Sakit Geriatri Teja Husada, oleh Habsari Yusrinda Siwi, Reza Kemal Firdaus, Fadhyla Widya Puspitasari, Ayu Lestari, Bayu Abi Pamungkas. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional