Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Mahasiswa FT-UM Ciptakan STAR, Closet Unik Pertama di Dunia

  • Jumat, 20 Juli 2018 | 13:26
  • / 7 Djulqa'dah 1439
Mahasiswa FT-UM Ciptakan STAR, Closet Unik Pertama di Dunia
Mahasiswa Teknik Mesin UM membuat closet unik pertama di dunia

Memontum Kota MalangToilet yang awalnya tabu untuk dibahas, sekarang menjadi objek kreativitas. Hal ini dibuktikan oleh mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT-UM), Aljabar dan kedua rekannya yang berinisiatif untuk membuat perubahan yang menguntungkan dari closet.

Bersama timnya, Aljabar Akhmad Bagas Karmawan (Ketua), Yusuf Aji Wicaksono, dan Muhammad Andi, memprakarsai sebuah alat yang disebut STAR, atau Closet Pintar. Tim menggagas ide ini lantaran pengalaman pribadi ketika buang air besar. Dari pengalaman tersebut, mereka mencoba membuat ide kreatif hingga tercipta STAR. “Saya pernah harus balik ke kamar mandi lagi, karena belum sepenuhnya keluar mas,” ungkap Aljabar.

Dengan cara menekan tombol turn on yang terpasang di sebelah closet STAR, maka pijakan kaki yang terbuat dari bahan pneumatic akan terangkat 35 derajat, inilah posisi sudut yang pas untuk kaki jongkok dalam buang air besar. Saat sudah selesai buang air besar, pengguna dapat menekan tombol turn off untuk menurunkan pijakan.

Mahasiswa FT-UM ini membuat closet STAR dengan desain menarik dan unik. Bahkan, mereka mengklaim closet ini pertama kalinya ada di dunia. Untuk pembuatan closet STAR mereka membutuhkan waktu sekitar 5 hari. Dengan biaya yang dikeluarkan sekitar 3,6 juta.

Harapan utama mereka adalah untuk membantu masyarakat Indonesia yang susah BAB ketika menemui closet duduk. Selain itu, closet jongkok sebenarnya memiliki manfaat yang lebih baik daripada closet duduk. “Kita menciptakan ini supaya orang-orang merasa nyaman ketika menemui closet duduk. Karena kebanyakan orang Indonesia, apalagi orang desa kalau buang air besar kebiasaan jongkok bukan duduk. Ini akan memudahkan mereka, apalagi saat pergi keluar kota yang rata-rata menggunakan closet duduk.” jelas tim PKM UM ini. (mg1/mg2/mg3/rhd)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional