Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Optimisme 25 Tim UB Sukseskan PIMNAS 2018

  • Jumat, 31 Agustus 2018 | 15:14
  • / 19 Djulhijjah 1439
Optimisme 25 Tim UB Sukseskan PIMNAS 2018
Kontingen UB dalam PIMNAS 31.

Memontum Kota Malang—-Dalam sesi presentasi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31, kontingen Universitas Brawijaya (UB) yang berjumlah 25 tim bersiap menyajikan karya ilmiah mereka dihadapan tiga juri dan puluhan peserta. Disediakan waktu 20 menit untuk sesi penyajian, dan sepuluh menit sesi tanya jawab dengan juri dan peserta. Performa mereka diuji dalam penyajian materi, kemampuan menjawab pertanyaan tim juri dan penonton, serta distribusi tugas dalam menjawab berbagai pertanyaan, Kamis (30/8/2018) mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Penyerahan piala Adikerta Kertawidya dari rektor UB ke tuan rumah UNY.

Penyerahan piala Adikerta Kertawidya dari rektor UB ke tuan rumah UNY.

Di hari pertama, pada tahap presentasi kali ini, sebanyak 7 tim dari 25 tim UB telah tampil, sisanya tampil pada Jumat (31/8/2018). Seluruh tim berusaha semaksimal mungkin pada tahap ini, dimana tahap presentasi merupakan tahap paling menentukan dalam upaya mempertahankan piala Adikarta Kertawidya. Tim yang telah tampil, merasa lega dan merasa telah berusaha semaksimal mungkin selama tahap ini. Sementara tim UB yang belum tampil mendapatkan kesempatan untuk mempelajari penampilan tim dari Universitas lain sebagai motivasi dan memahami celah lawan. Rangkaian acara masih panjang yang berlangsung 28 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Kontingen UB daPersiapan poster sebagai bahan presentasi timlam PIMNAS 31.

Persiapan poster sebagai bahan presentasi tim

Berikut ketujuh tim yang telah tampil presentasi di hari pertama dengan membawa beberapa penelitian, diantaranya Analisis Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Farm Edutourism Brau Sebagai Model Pengembangan Desa Tertinggal Berbasis Community Bases Tourism (PKM PSH); Metamorphose Home : Difabel Movement Program Guna Meningkatkan Kesejahteraan Pogram Guna Meningkatkan Kesejahteraan dan Pemerataan Distribusi Tenaga Kerja Difabel di Kota Malang (PKMM-3); Sintesis dan Karakterisasi Silika Aerogel Aoliofilih dan Hidrofobil dari Pasir Laut Sebagai Absorben Tumpahan Minyak (PKMPE-4); Instabilitas gen tetM Pengkode Antibiotik Resistance Gene pada Probiotik Lactobacilus Casei ATCC 393 (PKM PE-3);

Kontingen UB dalam PIMNAS 31.

Kontingen UB dalam PIMNAS 31.

Dilanjutkan, Eco-Friendly and Healthy Fish Smoker (Echosmoke) : Inovasi Teknologi Pengasapan Ikan Efisien, Ramah Lingkungan, dan Aman pada UKM Sekar Wangi Di Desa Sawahan, Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban (PKM T1); Protes Gembira Arek Malang Program Terpadu dan Strategis Untuk Pengembalian Warisan Arsitektur Dalam Upaya Membentuk Identitas Kota Malang (PKM GT); dan Green Synthesis Graphena Oksida dengan Reduktor Likopen dari Buah Semangka sebagai Superkapasitor Masa Depan (PKM PE).

Sebelumnya, UB menyerahkan Piala Adikerta Kertawidya ke tuan rumah Universitas Negari Yogyakarta (UNY), untuk diperebutkan kembali. Sebab sebelumnya, UB menjadi juara umum PIMNAS ke-30 2017, sekaligus mencatatkan UB menjadi yang terbaik di PIMNAS selama tiga tahun berturut-turut. Tahun ini, UB bertekad mempertahankan gelar tersebut untuk keempat kalinya.

Pada PIMNAS ke-31 ini, sebanyak 136 kontingen dari berbagai universitas di Indonesia siap bertarung beradu gagasan ilmiah, yang dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 28 Agustus 2018 hingga 2 September 2018, dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berlandaskan Ketaqwaan dan Kecerdasan Dalam Bingkai Kebhinekaan. Dibuka secara resmi oleh Menteri Riset teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional