Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Kerap Sapi Brujul, Tradisi Probolinggo Tarik Wisatawan Manca

  • Minggu, 2 September 2018 | 00:23
  • / 21 Djulhijjah 1439
Kerap Sapi Brujul, Tradisi Probolinggo Tarik Wisatawan Manca
Salah satu Perseta saat berlomba di kerap sapi brujul (Istimewa)

Memontum ProbolinggoBanyak hal yang dilakukan para petani yang berada di Kota Probolinggo, salah satunya dalam mensyukuri hasil  panennya, para petani mengadakan tradisi yang unik, yaitu Kerap Sapi Brujul. Selain juga dijadikan tradisi bentuk rasa syukur, Kerap sapi Brujul ini juga menjadi ajang silaturahmi antar petani di kota Probolinggo.

Jika di pulau Madura ada kerap sapi merah di Probolinggo juga mempunyai kerap sapi Brujul, dan yang di gunakan bukan sapi merah melainkan sapi yang memang buat membajak sawah mereka. Uniknya trek Ketapang sapi Brujul ini sangat beda dengan kerap sapi merah, trek kerap sapi Brujul ini di buat di sawah yang berlumpur dan jauhnya hampir sama lapangan bola.

Kegiatan kerap sapi Brujul tersebut adalah salah satu tradisi yang masuk dalam agenda Semipro Kota Probolinggo. Dan di lakukan di jalan KH. Syafi’i, Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu besok.

Salah satu peserta kerap sapi brujul, Misnadi (33), mengatakan kepada memontum.com bahwa acara Kerap sapi Brujul ini sudah terbiasa mengikuti lomba kerapan tersebut.

“iya mas ini sudah dilakukan tiap tahun di Kota Probolinggo. Ya karena ini sudah menjadi tradisi mas.”terangnya.

Selain peserta yang sangat antusias, begitu juga penonton nya, banyak kalangan muda mudi orang tua bahkan anak-anak berada di arena lomba. Dengan adanya kegiatan kerap sapi Brujul tersebut para penonton sangat terhibur.

Seperti yang di katakan Lasim Rendyansah (29), salah satu warga Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo yang memang niat datang untuk menonton kerap sapi brujul tersebut mengatakan kepada memontum.com bahwa bila ada kegiatan kerap pasti datang apalagi dekat dengan rumahnya.

“kalau ada kerapan saya selalu datang mas, apalagi ini di dekat rumah, sayang kalau gak lihat. Soalnya seru mas.”ujar Lasim sambil melihat ke arah sapi brujul.

Perlu di ketahui kerap sapi brujul kota Probolinggo ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata mancanegara. (Pix/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional