Connect with us

Kabupaten Malang

100 Desa Segera Jadi Kawasan Wisata, Target Disparbud Malang Tahun 2018

Diterbitkan

||

Kadisparbud Kabupaten Malang, I Made Arya Wedhantara (Sur)

Memontum Malang—Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) 100 desa di Kabupaten Malang ditargetkan segera jadi kawasan wisata tahun 2018. Made Arya Wedhantara Kepala Disparbud Kabupaten Malang mengatakan,salah satu potensi wisata di Kabupaten Malang yaitu mengembangkan wisata berbasis desa. “Untuk desa yang sudah dikelola oleh lembaga terkait dan menjadi Desa Wisata, saat ini berjumlah 85 dari 379 desa yang ada di Kabupaten Malang. Sementara target kami tahun 2018 ada 100 desa,” jelas Made.

Menurutnya, pengembangan wisata berbasis desa tidak hanya sekedar untuk mengenalkan destinasi atau produk andalan setiap desa, tapi juga harus menyadarkan masyarakat desa akan pentingnya pertumbuhan kepariwisataan bagi anak cucu kelak. “Pentingnya pokdarwis, management pengelola dan leadernya. Karena kalau bicara pariwisata, itu untuk waktu yang relatif lama. Terutama bagi leadet atau pengelola untuk menumbuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat desa itu sendiri,” lanjut Made.

Ditambahkan,dari semua desa wisata yang suda ada, harapannya nanti bisa saling terkoneksi antar satu sama lain. “Seperti event Pesona Desa Wisata yang digelar beberpa waktu yang lalu, disana kita memamerkan 18 desa wisata, harapannya ke 18 pengelola desa wisata tersebut bisa saling terkoneksi dan bekerja sama,”ulas Made Juga dijelaskan,sesuai saran dari Bupati Malang, untuk wisata berbasis desa masih belum ada rencana untuk mendatangkan investor dalam pengembangannya.

“Kalau sesuai saran Bupati, untuk wisata berbasis desa masih akan diserahkan ke masyarakatnya sendiri dalam pengelolaan dan pengembangan. Tapi, tidak menutup kemungkinan, Pemerintah untuk memberi signal ke arah sana. Tapi untuk investor, kita kan masih punya banyak lahan lain untuk bisa dikembangkan oleh Investor,” ungkap Made mengakhiri.(sur/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *