Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Ratusan Keris Kuno Dipamerkan di Parkiran Pusat Kuliner Titik Nol

  • Senin, 10 September 2018 | 14:31
  • / 29 Djulhijjah 1439
Ratusan Keris Kuno Dipamerkan di Parkiran Pusat Kuliner Titik Nol

Memontum KediriRatusan jenis keris peninggalan zaman kerajaan yang berumur ratusan tahun, berjejer rapi dipamerkan dipusat kuliner Titik Nol Basuki Rahmat Kota Kediri. Benda-benda prasejarah itu diperlihatkan dalam rangka Pameran Keris dan Seni Rupa yang mengambil tema “Gugat Keris Jenggala# 2” yang diselenggarakan mulai 7 – 9 September 2018.

Keris yang ditampilkan tersebut berasal dari beberapa zaman kerajaan, seperti pada zaman kerajaan Majapahit, Singosari, Panjalu (Kediri) dan Mataram.

Bahkan, yang menjadi titik pusat perhatian dalam pameran keris kali ini jenis keris tertua dari sepeninggalan abad ke- 8 Masehi atau pada masa 800 tahun silam.

Ketua Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo Kediri Imam Mubarok mengatakan, dalam pameran keris ini diikuti sebanyak 47 peserta dari seluruh daerah yang tersebar di Indonesia. “Pameran tosan aji dan keris “Gugat Keris Jenggala” #2 ini mengulang kesuksesan Agustus 2017 lalu, karena campur tangan dari Pemerintah Kota Kediri dalam pelestarian budaya dan sejarah “kata Imam Mubarok, Minggu (9/9/2018).

Selain itu, lanjut Barok, pameran ini, juga menggelar kelas edukasi kepada para pelajar di Kota Kediri untuk lebih mengenal tosan aji dan keris. Sebab keris sendiri telah diakui oleh UNESCO sebagai karya dari warisan kemanusian lisan dan tidak berwujud (karya agung lisan tak benda barisan manusia) tahun 2005. “Kalau UNESCO saja menghargai sebagai bentuk warisan budaya kita, kenapa kita sebagai pemiliknya tidak, ” tegasnya.

Dalam pameran keris ini juga dilakukan jual beli keris, sedangkan harga yang ditawarkannyapun juga bervariasi mulai dari 500 ribu hingga ratusan juta rupiah. (aji/mid/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional