Connect with us

Jember

Pertama Kali Raih, Jember Ditopang 7 Kriteria. Apa itu…?

Diterbitkan

||

Momontum Jember Ada Tujuh kriteria yang ditentukan Kabupaten Jember sebagai kabupaten terbaik tingkat nasional di bidang Pelaksana Operasi dan Pemeliharaan Irigasi atau Sumber Daya Air (SDA) tahun 2017. Dan menerima penghargaan, dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Selasa (18/9/2018) Malam.

Menurut Bambang Heri Mulyono selaku tim penilai pusat pertama adalah luas kewenangan. Jadi, semakin luas dia menangani irigasi maka nilainya semakin tinggi. Yang kedua, kepedulian pemerintah daerahnya.

Kedua adanya Perda Irigasi, rencana dan pengelolaan pengembangan irigasi, terbentuknya komisi irigasi, serta adanya rencana irigasi, sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah. Ketiga penyediaan dana operasi dan pemeliharaan irigasi, Kemudian keempat index besarnya pertanaman total, Kelima, kondisi jaringan irigasi. Keenam, kinerja sistem irigasi.

” Dan yang terakhir yakni ketersediaan tenaga operasi dan pemeliharaan irigasi seperti seorang penjaga pintu air, itu yang dinilai. ” kata Bambang di Ballroom Padang Convention Center Hotel Grand Inna Kota Padang.

Sementara itu bupati Jember dr. Hj. Faida.MMr sesaat Usai menerima Penghargaan mengatakan, Kepedulian pemerintah daerah terhadap pemeliharaan jaringan irigasi termasuk jaringan tersier terbukti dengan ditingkatkannya anggaranya sebesar 43 milyar di tahun 2017.

“Baru kali pertama ini Jember mendapat penghargaan sebagai pelaksana operasi dan pemeliharaan irigasi level kabupaten. Sebelumnya Kabupaten Jember mendapat penghargaan di bidang yang sama Pengairan dan PU dalam kategori luasan irigasi,” ujar Bupati perempuan pertama di Jember ini. (yud/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *