Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Masih Banyak Warga Buang Sampah di Aliran Sungai Kota Probolinggo

  • Minggu, 23 September 2018 | 11:20
  • / 12 Muharram 1440
  • Dibaca : 29 kali
Masih Banyak Warga Buang Sampah di Aliran Sungai Kota Probolinggo

Memontum ProbolinggoBerbagai imbauan larangan membuang sampah sembarangan di tepi jalan dan sungai di beberapa tempat di wilayah Kota Probolinggo masih kerap diabaikan oleh masyarakat. Pantauan Memontum.com, sejumlah sungai dan salah satunya di wilayah JLU, tepatnya timur Rusunawa Bestari masih menjadi lokasi untuk membuang sampah. Mirisnya lokasi pembuangan sampah justru berada di aliran sungai.

Warga setempat menyebut, aliran sungai dekat Rusunawa menuju ke laut terutama di dekat jembatan merupakan lokasi favorit masyarakat membuang sampah. Berbagai jenis sampah plastik dan sampah buangan sebagian sengaja dibuang di lokasi yang sejatinya bukan tempat pembuangan akhir (TPA) tersebut. Ia bahkan menyebut, kerap melihat warga sengaja membuang sampah mempergunakan kendaraan roda dua dan roda empat saat malam hari.

“Para pelaku pembuang sampah kerap membuang sampah saat kondisi sepi sehingga volume sampah terutama plastik terus bertambah bahkan menimbulkan bau tak sedap serta mengganggu kesehatan warga yang tinggal didekat aliran sungai,” terangnya.minggu(23/9/2018)
Ia menyebut, lokasi pembuangan sampah ilegal tersebut kerap dibersihkan oleh Dinas lingkungan Hidup Kota Probolinggo.

Petugas kebersihan bidang perencanaan dan pengawasan tersebut juga telah membersihkan dari sampah plastik yang terlihat memenuhi aliran sungai tersebut yang bisa menyumbat aliran sungai
Selain berada di tepi jalan nasional, sampah yang terbawa aliran air sungai membuat air sungai tercemar. Yang nantinya sebagian sampah menutup saluran irigasi areal persawahan yang ada di wilayah tersebut.(geo/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional