Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

PrasMul Ajak Siswa Malang Wujudkan Cita-cita

  • Minggu, 23 September 2018 | 14:26
  • / 12 Muharram 1440
  • Dibaca : 31 kali
PrasMul Ajak Siswa Malang Wujudkan Cita-cita
Elga Fransisca, Nito Waruwu, dan Michael Stefanus, saat preskon. (rhd)

Memontum Kota Malang—–Sejak kecil bercita-cita, beranjak remaja menentukan jurusan sekolah hingga masuk bangku kuliah, namun ketika bekerja bidang yang dijalani ternyata tak selaras keilmuannya. Tak dapat dipungkiri, kebanyakan orang mengalami hal ini dalam warna kehidupannya. Antara cita-cita, kompetensi, dan bidang pekerjaan, seringkali tak sinkron.

Menyadari hal itu, Universitas Prasetiya Mulya yang berlokasi di BSD City, Tangerang, mengajak siswa SMA/SMK di Malang Raya, dan wilayah sekitarnya, untuk bergabung di Prasmul, sebutan sekolah bisnis terbaik sejak 1982 ini. Melalui Prasetiya Mulya Open House 2018, di Ijen Suites Hotel, Sabtu (22/9/2018), orang tua dan siswa dapat menemukan jawabannya. “Prasetiya Mulya berharap kegiatan ini dapat mendorong hadirnya beragam inovasi dari putra-putri terbaik daerah. Sebab kami akan berdialog dan menyeleksi mereka agar menunjukkan potensi dan bakat terpendamnya. Nantinya mereka dapat menciptakan perubahan melalui inovasi, sekaligus turut berkontribusi dalam pembangunan daerah,” jelas Elga Fransisca, Manager Marketing Universitas Prasetiya Mulya, saat ditemui di lokasi.

Prasmul percaya, melalui kegiatan ini para peserta bisa melihat gambaran karir di masa depan beserta beragam inovasinya, sehingga dapat memilih jurusan yang sesuai minat mereka. Meski berstatus universitas, namun kurikulum yang diterapkan yaitu praktek lintas jurusan dalam Community Development. “Kami mengarahkan sesuai jurusan dan keahliannya melalui banyak pengalaman, baik studi kasus, magang kerja, pameran, dan lainnya. Selain itu, mahasiswa akan didorong mengejar 70 poin lebih pengalaman kegiatan, yang terangkum dalam Curiculum Vitae (CV) untuk kami share ke berbagai perusahaan. Terbukti, 70 persen mahasiswa direkrut kerja sebelum wisuda. Sebagian besar enterpreneur, karena terbiasa bikin bisnis plan, marketing plan, dan lainnya,” beber Elga.

Tak hanya itu, Prasmul juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa tak mampu namun berprestasi. “Kami juga menyediakan Beasiswa Bakti Indonesia bagi siswa tak mampu, dan beasiswa lainnya sekitar 5 persen dari jumlah total angkatan, atau sekitar 1.000 maba lebih setiap tahun. Tak hanya itu, ada pula beasiswa lainnya dari beberapa perusahaan,” jelas Elga.

Associate Product Manager International Traveloka, Michael Stefanus, berbagi pengalamannya selama menempuh pendidikan. Michael mengaku suka IPA dan memiliki passion di bidang bisnis, akhirnya menemukan kesempatan luas dalam menentukan bidang pekerjaannya. ”Dari pengalaman berbagai lomba dan kegiatan, seperti mengalir saja, saya akhirnya memiliki koneksi internasional. Basic dari Prasmul cukup membantu, dengan pengalaman per semester menjadi tolak ukur dalam lamaran kerja saya, hingga akhirnya saya banyak tawaran pekerjaan,” ungkap Michael.

Senada, Nito Waruwu, mahasiswa berprestasi yang baru saja memenangi National Winner HSBC Business Case Competition 2018 di Hongkong, sangat berterimakasih atas pengalamannya sejak semester awal. “Sering dilatih kasus bisnis di sekitar kita, diberi waktu cepat agar cepat tanggap, minimal 2-3 jam harus selesai. Kami berinteraksi dengan masyarakat dan mitra untuk observasi sesuai kebutuhan, bisa selama 1 semester atau periodik. Hingga ada hubungan emosional seperti kekeluargaan,” tukas Nito.

Prasetiya memiliki School of Business and Economics serta School of Applied STEM yang masing-masing memiliki beragam program studi (Prodi). School of Business and Economics memiliki 8 prodi S1 (Accounting, Branding, Business, Business Economics, Event, Finance & Banking, Hospitality Business dan International Business Law), dan 4 program studi S2 (MM Regular, MM Business Management, MM Strategic Management dan MM New Ventures Innovation). Sedangkan School of Applied STEM lebih berfokus pada ilmu teknik memiliki 6 prodi S1 (Business Mathematics, Computer Systems Engineering, Software Engineering, Renewable Energy Engineering, Food Business Technology dan Product Design Engineering). (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional