Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Emil Dardak : Untuk Maju Perlu Sinergitas Antar Wilayah

  • Selasa, 25 September 2018 | 13:56
  • / 14 Muharram 1440
  • Dibaca : 39 kali
Emil Dardak : Untuk Maju Perlu Sinergitas Antar Wilayah
Bupati Trenggalek H. Emil Elestianto Dardak

Memontum Trenggalek—-Bupati Trenggalek, H. Emil Elestianto Dardak menekankan untuk memajukan suatu daerah selalu diperlukan sinergitas antar pihak. Suami Arumi Bachsin ini menegaskan bahwa suatu daerah tidak bisa berkembang sendiri, namun perlu adanya sinergi dengan daerah lainnya untuk bisa maju dan berkembang.

Saat ini pemerintah pusat sedang fokus terhadap pembangunan Bandara di Kota Kediri, yang diyakini oleh Bupati Trenggalek nantinya kebermanfaatannya juga akan dirasakan oleh daerah sekitar sepertihalnya masyarakat Trenggalek.

Perlu diketahui bahwasanya dibangunnya bandara di wilayah Selatan Barat Daya di Jawa Timur, merupakan perjuangan keras dari 8 Kepala Daerah yakni Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Blitar dan Kediri yang membuat petisi kepada Presiden untuk meminta dibuka sebagian ruang latihan udara militer untuk penerbangan sipil.

“Hal ini ditunjukkan untuk mengurangi disparitas perekonomian yang sangat timpang antara Utara dan Selatan Jawa. Menurut saya ada sekitar 10 juta warga di Selatan Barat Daya Jawa Timur yang membutuhkan kemudahan akses atau bandara untuk bisa meningkatkan perekonomiannya, ” ungkap Emil Dardak saat dikonfirmasi, Selasa (25/09/2018).

Lebih lanjut Emil mengatakan, petisi tersebut akhirnya disetujui oleh Presiden hingga saat ini dibuka sebagian ruang udara latihan militer untuk penerbangan sipil.

Sebelumnya sempat ada wacana bandara tersebut akan dibangun di Tulungagung, namun akhirnya disepakati bandara ini di bangun di Kediri pada 2019 nanti.

“Untuk bisa merasakan kebermanfaatan keberadaan bandara, tentunya tidak harus bandara itu ada di Trenggalek. Boleh saja Kediri memiliki bandaranya, namun kita yang mempunyai wisata pantainya, kata Doktor lulusan Negeri Sakura tersebut.

Masih terang Wakil Gubernur Jatim terpilih ini, sinergitas lintas wilayah juga menentukan kemajuan suatu daerah. Hal tersebut dirasakan, terlebih saat dirinya akan menjabat sebagai Wagub Jatim nanti.

“Suatu daerah itu tidak boleh mau menangnya sendiri. Kita misalnya, bandaranya, pelabuhannya ataupun yang lainnya di Trenggalek, tentunya tidak bisa serta merta seperti itu. Bukan begitu caranya dan juga itu tidak mungkin, ” imbuhnya.

Dijelaskan Emil, saat ini bandara sedang dikembangkan di Kota Kediri, mungkin untuk kawasan industri dan sebagainya juga ditopang Tulungagung dan Trenggalek fokus pada pariwisatanya, misalnya. Dan ini yang sedang dicoba untuk dikembangkan. (mil/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional