Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Desa Ringinsari Sumawe Bakal Gelar Peringatan Hari Santri

  • Selasa, 25 September 2018 | 14:41
  • / 14 Muharram 1440
  • Dibaca : 52 kali
Desa Ringinsari Sumawe Bakal Gelar Peringatan Hari Santri
Abdul Karim Kepala Madin Al-Falah Bersama Suhaili Kaur Pemerintahan Desa Ringinsari(Sur)

Memontum Malang—-Agar komitmen kaum santri sejak prakemerdekaan hingga sekarang terus tunjukkan demi keutuhan NKRI, juga sebagai salah satu bentuk pengakuan atas peran kesejarahan kaum santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.Penetapan tersebut memberi pengakuan bahwa kaum santri memiliki peran besar dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempertahankan Republik Indonesia dari berbagai ancaman baik yang bersifat internal maupun ekstern. Guna mengenang jasa para santri, Desa Ringinsari Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang bakal menggelar upacara peringatan hari santri yang ke-4 dilapangan olahraga desa setempat (22/10/2018)atau bertepatan dengan 11 Muharram 1440 H mendatang.

Suhaili, Kaur Pemerintahan Desa Ringinsari mengatakan,pihaknya segera membentuk panitia dengan melibatkan seluruh perangkat desa,Kepala Lembaga Pendidikan Islam dan tokoh masyarakat.

“Upacara Hari Santri nanti akan kami gelar dengan cara unik dan meriah.Untuk jumlah pesertanya sekitar 100 orang, terdiri dari perangkat desa tokoh masyarakat,alim ulama,Fatayat,muslimat dan seluruh siswa lembaga pendidikan islam se-Desa Ringinsari”,urai Suhaili Selasa (25/9/2018) siang tadi. Ditempat yang sama,Abdul Karim Kepala Madin Al-Falah Dusun Sidomukti Ringinsari memaparkan,sejarah telah mencatat, pertempuran 10 November 1945 itu juga tanpa lepas dari resolusi Jihad di Surabaya tahun 1945 silam.

Abdul Karim menilai,Hari Pahlawan dan Hari Santri merupakan bagian dari catatan sejarah yang satu paket. “Karena itu, penetapan Hari Santri 22 Oktober yang selang 20 hari dari Hari Pahlawan 10 November bermakna strategis untuk menunjukkan bahwa kaum Muslim berperan dalam perjuangan kemerdekaan,” pungkas Abdul Karim.(sur/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional