Connect with us

Kota Batu

Dua Sekolah Dasar Kota Batu Sabet Adiwiyata Tingkat Provinsi

Diterbitkan

||

Wagub Saifullah Yusuf/Gus Ipul saat menghadiri acara

Memontum Kota BatuAda dua sekolah tingkat dasar (SD) asal Kota Batu yang berhasil sabet penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim. Pertama SDN Gunungsari 3 dan SDN Mojorejo 1 yang langsung diberikan oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di Komplek PLTU Paiton Probolinggo dalam acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dan Hari Konservasi Alam Nasional.

Menurut Nawang Wirawan, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu sebelumnya ada 6 sekolah yang mengikuti dan lolos penilaian tingkat kota. Namun, saat tingkat provinsi hanya ada dua sekolah yang sekarang mendapat penghargaan.

” Syukur atas perolehan penghargaan Adiwayata ini dari enam sekolah mengerucut menjadi dua sekolah,” ucap Nawang, Selasa (25/9/2018).

Sebelumnya, lanjut Nawang, Tim Penilai dan Tim Pembina Adiwiyata Kota Batu bersama berjuang semaksimal mungkin dalam tahap penilaian. Awalnya dilakukan penilaian dari tim penilai tingkat kota menyangkut kebijakan sekolah, kurikulum sekolah, sarpras dan partisipasi masyarakat terkait pembelajaran, kebersihan hingga keasrian lingkungan sekolah.

Lalu dilakukan seleksi administratif oleh tim penilai Provinsi Jatim terhadap 380 sekolah di Jatim. Hasil dari seleksi ini mengerucut menjadi 110 sekolah.Tahap penilaian selanjutnya dilakukan verifikasi lapangan oleh tim, hingga akhirnya diputuskan dua sekolah di Kota Batu ini menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi JaTim atau 110 sekolah Adiwiyata tahun 2018 di Jatim.

Setelah verifikasi lapangan, akhirnya dua sekolah dasar di Kota Batu ini naik status menjadi Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim.

Sedangkan untuk tingkat nasional, tahun ini Kota Batu juga mengajukan tiga sekolah, yakni SDN Songgokerto 2, SDN Ngaglik 1 dan SD Muhammadiyah 4 Batu.

” Untuk Berkas pengajuannya sudah dikirim, tinggal menunggu hasilnya saja.¬†Diraihnya penghargaan ini, berarti di Kota Batu ada 18 sekolah Adiwiyata tingkat Kota, 6 sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, 4 sekolah tingkat nasional dan 1 sekolah Adiwiyata mandiri,” jelas dia.

Total di Jawa Timur ada 39 sekolah dasar yang menjadi sekolah Adiwiyata Provinsi tahun 2018 ini. Sementara SMP/MTs terdapat 47 sekolah dan 10 SMA serta 6 SMK yang juga mendapat penghargaan ini.

Pesan Gus Ipul sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim dia berharap semoga menjadi contoh bagi sekolah yang lain dan tetap semangat menjaga sekolah agar bisa menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

” Semoga menjadi contoh dan bisa ditiru oleh seluruh sekolah,” kata Nawang menirukan ucap Gus Ipul. Saat penerimaan, sekolah didampingi oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Syaiful Mustofa serta Tim Penilai dan Tim Pembina Adiwiyata Kota Batu. (lih/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *