Connect with us

Sidoarjo

Ratusan Pengungsi Palu dan Donggala Tiba di Bandara Juanda

Diterbitkan

||

TIBA - Sebanyak 160 pengungsi asal Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah tiba di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo menggunakan pesawat Hercules, Rabu (3/10/2018) malam.

Memontum Sidoarjo—— Sekitar 160 pengungsi asal Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah dan 15 kru pesawat TNI AU tiba di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Rabu (3/10/2018) malam. Ratusan pengungsi ini diangkut mengunakan pesawat Hercules A 1337 milik TNI AU dari Palu dengan pilot pesawat Letkol PNB Rokhimad.

Kedatangan pengungsi ini disambut Kasrem 084/BJ Letkol Arm Aprianko Susesno dan Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Kav Arief Cahyo Widodo, Kadisops Lanud serta Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin.


“Para pengungsi yang kami terima ini akan diperhatikan dan dibantu semaksimal mungkin untuk segera bertemu dengan keluarganya,” terang Komandan Kodim 0816 Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo kepada Memontum.com, Rabu (03/10/2018) di Juanda.

Arief merinci ada 2 pengungsi yang mengalami patah tulang langsung dilarikan ke RSUD Sidoarjo. Sedangkan 54 orang pengungsi dijemput keluarganya. Sementara 99 orang pengungsi lainnya diangkut mengunakan truk Kodim 0816 Sidoarjo, Lanud surabaya, Lanudal Junada dan Polresta Sidoarjo untuk dibawa ke Terminal Bungurasih. Mereka akan dikembalikan ke rumah saudaranya masing-masing.

“Karena itu dengan sinergitas TNI, Polri dan Pemkab Sidoarjo akan memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan para pengungsi. Mulai dari kesehatan, logistik hingga sarana dan prasaran tempat tidur serta yang lainnya,” imbuhnya.

Sementara untuk 20 orang pengungsi yang masih tersisa bakal ditampung di Mess Bhasakara Jaya JL Raya Juanda. Mereka diangkut dengan mengunakan bus miliki TNI AL untuk selanjutnya menunggu penjemputan dari pihak keluarganya.

“Kami pastikan para pengungsi dapat aman dan nyaman tanpa rasa takut untuk segera kembali kepada keluarganya,” pungkas Damdin yang baru menjabat di Sidoarjo ini.

Sementara itu, Kamis (3/10/2018) pukul 06.15 sampai 08.35 WIB di Bandara Internasional Juanda lending pesawat Hercules C 130 A-1316 milik TNI AU dari Palu dengan pilot Mayor PNB Dodik yang membawa 164 orang pengungsi gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Kedatangan rombongan pengungsi ini disambut Dandim 0816 Sidoarjo dan Kadisops Lanud. Mereka kemudian di data di Base Ops Lanudal Juanda. Hasilnya ada 2 orang dibawa menuju Rumkital DR Soekantio Tjahja Lanudal Juanda karena patah tulang dan 4 orang menunggu menggunakan Ambulance Nopol W 1302 PP.

Selain itu, pengungsi yang datang pagi itu diantar menggunakan mobil, truk dan armada lainnya menuju Terminal Bungurasih, Cepu, Rungkut (Surabaya), Sumenep, Malang, Magetan, Probolinggo, Bojonegoro dan Jombang. Sedangkan 40 orang pengunggsi dijemput saudaranya masing-masing. Wan/yan

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler