Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Prambon Bangun Inspirasi Desa hingga Yogyakarta

  • Kamis, 4 Oktober 2018 | 18:25
  • / 23 Muharram 1440
  • Dibaca : 2 kali
Prambon  Bangun Inspirasi Desa hingga  Yogyakarta

Memontum Sidoarjo—-    Sebanyak 180 orang perangkat desa se Kecamatan Prambon study  ke Yogyakarta . Mereka terbagi dua tahap pemberangkatan dengan minggu yang berbeda, dengan tujuan Desa Panggung Harjo Kecamatan Bantul .

Diharapkan dengan study  banding ini pelayanan kepada masyarakat  di 20  desa  semakin membaik. Itu setelah mereka  memperoleh inspirasi untuk mengembangkan desanya. Sebagaimana disampaikan oleh Camat Prambon, Ainun Amalia ketika melepas perangkat berangkat  Jogjakarta.

Menurutnya  study comperative perangkat desa ini adalah menimbah ilmu, jadi sesuatu yang lebih baik di sana diharap menjadi inspirasi untuk diimplementasikan di desanya masing masing. “ Karena  perbedaan situasi dan kondisi wilayah tentu mempengaruhi, paling tidak mereka mempunyai gambaran mengelolah desa lebih inovatif, ” tuturnya

Hal sederhana sebagai contoh yang harus dikembangkan menurut Kasi Pemerintahan kecamatan Prambon, L. Agus Budiono adalah,  acara ruwah desa dengan rutinitas pagelaran wayang kulit. Dengan tidak meninggalkan adat dan kearifan lokal bisa dilengkapi dengan menampilkan budaya warga setempat sehingga bisa berkembang. Hal serupa yang berkembang  di desa Panggung Harjo,  sebagai refrensinya sebagai desa budaya.

Kegiatan yang dibiayai APBDes dari pos pengembangan kapasitas perangkat desa tersebut  mendapat dukungan para kepala desa sebagaimana kepala desa Bendotretek, Anang Darmawan . ” Perlu adanya kreatifitas dan inovasi para perangkat desa, agar peranya membangun desa selalu tampil  di depan,  seperti halnya  memotifasi warga turut kreatif mensukseskan pawai budaya di desa beberapa waktu lalu, ” tuturnya.  (par/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional