Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

MCW Rilis 5 Dugaan Korupsi Kabupaten Malang

  • Selasa, 9 Oktober 2018 | 17:13
  • / 28 Muharram 1440
MCW Rilis 5 Dugaan Korupsi Kabupaten Malang

Memontum Kota Malang—–Terkait prahara di Kabupaten Malang, MCW (Malang Corruption Watch) merasa tidak kaget. Pengeledahan yang dilakukan oleh KPK di Kabupaten Malang dipastikan terkait atas dugaan korupsi. Di dasari hasil monitoring dan advokasi, MCW menyebut ada dugaan sejumlah korupsi di Kabupaten Malang yang patut menjadi perhatian KPK.

Yakni dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa terkait pengadaan jalan dan jembatan Tahin 2015-2017 dan pembangunan Pasar Sumedang. Dugaan korupsi dana kapitasi. Dugaan korupsi sumberdaya alam seperti masalah perizinan tambang pasir besi Wonogoro yangbberada di kawasan hutan lindung. Dugaan korupsi pengelolaan aset dan dugaan korupsi pengunaan DAK (Dana Alokasi Khusus) seperti bidang pendidikan menjadi bidang dengan realisasi DAK terbesar.

Afif Mukhlisin , Devisi Korupsi Politik MCW, mengatakan bahwa kedatangan KPK di Kanupaten Malang sudah wajar terkait adanya beberapa dugaan korupsi. ” Seperti penetapan tersangka itu wajar. Dari 5 dugaan korupsi ada kemungkinan saat ini terkait DAK pendidikan. Untuk informasi terakhir masih 1 tersangka yakni Bupati Malang. Dugaan penyelewengan anggaran DAK terkadi di beberapa bidang, terkait pengadaan barang dan jasanya. Misalkan DAK Pendidikan terkait dugaan pengadaan barang dan jasa seperti pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana sekolah,” ujar Afif, Selasa (9/10/2018) siang.

Menurutnya hampir setiap tahun ada dugaan korupsi dan penyelewengan di Kabupaten Malang.” Ada beberapa dugaan korupsi dan penyelewengan . Namun untuk menentikan tersangka, KPK pastinya sudah memiliki 2 alat bukti yang cukup. Saat ini tidak hanya di Malang, KPK gencar di Jawa Timur. Sebab di Jatim memiliki pengafuan tertinggi setelah DKI. Mungkin itulah faktor yang menurut kami KPK menyasar Jawa Timur,” ujar Afif.

Saat ini MCW mendesak KPK segera menetapkan tersangka terhadap dugaan korupsi yang terjadi di Kabupaten Malang. ” Harapan kami KPK mendalami dugaan korupsi di Kabupaten Malang termasuk mencari aktor intelektualnya di balik korupsi Kabupaten Malang, kami mendukung upaya KPK dalam melakukan pembrantasan korupsi di Kabupaten Malang. Kepolisian dan Kejaksaan meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pembrantasan Korupsi di Kabupaten Malang,” ujar Afif.(gie/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional