Connect with us

Trenggalek

Peringatan Sumpah Pemuda, Polres Trenggalek Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Diterbitkan

||

Salah satu masyarakat menerima pemeriksaan kesehatan gratis

Memontum Trenggalek – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kepolisian Resort Trenggalek memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat. Tentu saja, kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat ini sudah tak diragukan lagi. Berbagai program unggulan berbasis kemasyarakatan seperti Kami Peduli Sesama (KPS), Polisi Berbagi, Seribu Rupiah Sehari (Seru) digelar sebagai wujud simpati dan empati kepada masyarakat marjinal dan tidak mampu.

Peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh tepat tanggal 28 Oktober mendatang, dimanfaatkan oleh jajaran kepolisian Polres Trenggalek untuk menggelar pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat tak mampu dan terpusat di Kecamatan Bendungan.

Mengambil tempat di halaman Mapolsek Bendungan, ratusan masyarakat dari berbagai penjuru desa datang untuk ambil bagian sekaligus memanfaatkan acara pemeriksiaan kesehatan gratis tersebut. Pegunjung banyak didominasi masyarakat dari kalangan lanjut usia.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S menuturkan, wilayah geografis yang berbukit dan jauh dari akses kesehatan menjadi alasan utama pihaknya menjadikan Bendungan sebagai sasaran prioritas pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut.

“Tujuan kami pada dasarnya untuk membantu masyarakat khususnya yang tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, ” terang Didit saat dikonfirmasi, Rabu (10/10/2018).

Dikatakan Didit, tim medis yang dilibatkan merupakan tim gabungan dari Urkes Bagsumda bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) didukung Satbinmas Polres Trenggalek melalui Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan kegiatan tersebut di masing-masing desa.

Terpisah, Kaurkes selaku penanggung jawab kegiatan Bripka Dwi Cipto mengatakan, bagi mereka yang diagnosa menderita penyakit ringan akan diberikan obat sedangkan yang berat akan di berikan di rujuk ke rumah sakit dengan pendampingan penuh dari tim kesehatan Urkes. “Semua perangkat sudah kita siapkan, mulai dari tenaga medis, obat-obatan sampai kendaraan ambulan untuk mengantar masyarakat yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit,” tuturnya. (mil/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *