Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Nomor 2 PPKT se Jawa Timur, Tak Jadi Acuan ke Tingkat Nasional

  • Selasa, 16 Oktober 2018 | 07:09
  • / 5 Safar 1440
  • Dibaca : 2 kali
Nomor 2 PPKT se Jawa Timur, Tak Jadi Acuan ke Tingkat Nasional

Memontum Jember Desa Tutul Kecamatan Balung beberapa waktu lalu, mendapat Perhargaan Padat Karya Tunai ( PPKT) nomor 2 dari Provinsi Jawa Timur, namun prestasi tersebut tidak bisa dijadikan acuan untuk naik ke tingkat Nasional. Menurut Kepala Desa Tutul, Juana saat diwawancara Senin (15/10/2018) mengatakan, lantaran proses pencairan Dana Desa (DD) yang lamban, Juana mengaku tidak menyalahkan siapa pun, justru dirinya mengaku bersyukur telah yang memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Jember.

“Anjuran Presiden, lomba untuk tingkat nasional harus lebih dari 30% sementara Desa Tutul baru 27% sekian. Hal tersebut karena faktor pencairan tahap tiga masih belum, jadi wajar bila tidak bisa memenuhi anjuran presiden,” ujar Juana di ruang kerjanya. Juana Mengatakan, Desa Tutul memiliki potensi sebab antusiasme masyarakat sangat tinggi, Jadi, wajar bila pada tahun 2013 pernah ditetapkan sebagai desa produktif tingkat nasional oleh Menteri.

” Prestasi lainnya, pernah juga kita memiliki produk minumam yamg berhasil mempekerjakan sekitar 300 sampai 400 orang sehingga kita mendapat penghargaam Sidakarya dari Gubermur Jawa timur dengan predikat nomor 1,” ungkapnya. Lanjut Juana, Tutul juga menjadi desa binaan Telkom yang kemudian menjadi kampung digital dengan mendapat penghargaan sebagai Desa Digital nomor 2 dari sekian desa se-Indonesia

Selama ini, Desa Tutul memprioritaskan pengembangan SDM, Jadi, ketika SDM sudah memumpuni, semuanya jadi akan mudah, apalagi Desa Tutul sudah menyediakan Bumdes apabila masyarakat membutuhkan dana untul modal.

“Prinsipnya, sebagai Kepala Desa harus dengan memberikan contoh yang terbaik bagi bawahan dan juga masyarakat, Sebenarnya nyapu itu bukan pekerjaan kepala desa tapi karena kita ingin membangun desa bersama-sama kadang saya juga nyapu,” ungkap Juana.

Juana mengaku akan kembali maju di Pilkades yang akan datang, Ia mengklaim masyarakat masih membutuhkan kepemimpinannya untuk Desa Tutul kedepan, Oleh karenanya, ia berharap Desa Tutul bisa menjadi lebih baik dan lebih sempurna. “Masyarakat yang mandiri dan SDM yang memumpuni perkembangan Desa Tutul kian pesat, penerima raskin sudah semakin sedikit begitupula rumah yang tidak layak huni sudah bisa dibilang tidak ada di Desa Tutul,” tuturnya dengan penuh percaya diri. (yud/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional