Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Jaga Kesuburan Tanaman Padi, Babinsa Dampingi Petani Penyiangan

  • Selasa, 16 Oktober 2018 | 07:12
  • / 5 Safar 1440
  • Dibaca : 4 kali
Jaga Kesuburan Tanaman Padi, Babinsa Dampingi Petani Penyiangan
Banbinsa saat Dampingi perawatan padi di Desa Sumengko Kecamatan Jatirejo

Memontum Mojokerto Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815 Mojokerto melalui Babinsa Serda Syaiful Hozi melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di sawah milik Adib, Poktan Tani Manunggal, Dusun Sumengko Desa Sumengko Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (15/10/2018).

Di area pertanian seluas 0,7 hektar yang ditanami jenis padi varietas Inpari – 42 berumur 30 hari, kegiatan pendampingan dengan sasaran penyiangan rumput atau gulma yang tumbuh di pangkal dan sela-sela tanaman padi.

Seperti kita ketahui bersama gulma atau rumput liar di sekitar tanaman padi jika dibiarkan tumbuh akan mengganggu tanaman padi. Akibatnya tanaman padi menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan tanaman sehingga menjadikan tanaman kurang sehat.

“Salah satu tujuan dilakukannya penyiangan pada tanaman padi agar tidak ada gulma sehingga tanaman padi tidak mempunyai saingan dalam mengambil unsur hara. di samping itu, supaya sinar matahari dapat ditangkap langsung oleh tanaman padi di bagian bawah. Dengan demikian sinar matahari akan maksimal diserap oleh tanaman, “ terang Serda Saiful Hozi.

Masih tutur Babinsa, pendampingan yang dilakukannya merupakan upaya khusus ketahanan pangan sekaligus memotivasi petani agar lebih bersemangat dalam merawat tanaman padi sehingga diharapkan hasil panen lebih meningkat.

Terpisah, Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto, saat dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya telah menerjunkan para Babinsa untuk melaksanakan pendampingan kepada petani dan Poktan yang ada di wilayah binaan masing-masing.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam percepatan pencapaian swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah. Kehadiran para Babinsa harus menjadi motivator bagi para petani dalam mengelola lahan pertanian sehingga swasembada pangan di wilayah Jatirejo dapat terwujud,” tegasnya.(den/gan/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional