Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Alea Yoi Salwa dan Jasmine Sefia Waini Cahyono, Kakak Beradik Pesepak Bola Cewek

  • Senin, 22 Oktober 2018 | 18:49
  • / 11 Safar 1440
Alea Yoi Salwa dan Jasmine Sefia Waini Cahyono, Kakak Beradik Pesepak Bola Cewek
Alea Yoi Salwa (kanan) bersama sang kakak, Jasmine Sefia Waini Cahyono

Memontum Kota Malang – Umumnya, dalam satu tim sepak bola didominasi sepenuhnya oleh kaum adam. Sebab olahraga tersebut merupakan jenis olahraga keras yang identik dengan kecepatan, kelincahan, dan tak jarang terjadi bodi kontak. Namun, dalam aturan Sekolah Sepak Bola (SSB) masih diperbolehkan adanya aturan campuran pemain multi gender ini. Sebab SSB merupakan wadah pembibitan sepak bola untuk anak usia dini hingga remaja.

Salah satunya, di balik kemenangan tim Sekolah Sepak Bola U-11 Universitas Muhammadiyah Malang (SSB UMM), ada sosok gadis cilik yang berperan penting, yaitu Alea Yoi Salwa, striker tim SSB UMM yang turut menghantarkan timnya sebagai juara 2 perhelatan 2 tahunan Kompetisi Sepak Bola U-11 Piala Rektor UMM 2018. Dalam kompetisi ini, Alea menyumbang 2 gol bagi kemenangan SSB UMM. Raihan tersebut turut mengukuhkan kedua tim dari SSB UMM sebagai juara umum.

Kemampuan mengolah si kulit bundar oleh gadis mungil kelas 2 siswi SDN Ngadirejo 1 ini, termotivasi saat sering mengantar kakaknya bermain sepak bola. Sementara, sang kakak Jasmine Sefia Waini Cahyono, masuk dalam komposisi pemain Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia U-15 dan U-16. Awal 2017 lalu, Jasmine mewakili Indonesia dalam kompetisi Asean Football Federation (AFF) di Laos tahun 2017 dan 2018 di Palembang. Pun, perhelatan Asian Football Confederation (AFC) di Kirgistan baru-baru ini.

Setali tiga uang, ternyata bakat pesepak bola cewek kakak beradik ini menurun dari sang ayah, Dwi Cahyono, seorang pelatih sepak bola SSB UMM. Melalui tangan dingin langsung dari sang ayah, membuat mereka memiliki semangat bermain sepak bola cukup tinggi. “Di lapangan, mereka selalu saya ajarkan sendiri cara bermain sepak bola yang benar. Selesai dari lapangan, selalu saya evaluasi kesalahan-kesalahannya. Alhamdulillah, sampai saat ini sudah terlihat hasilnya,” ungkap Dwi Cahyono bangga, dan berharap Alea mengikuti jejak sang Kakak untuk turut bergabung ke Timnas Indonesia.

Menanggapi prestasi ini, Rektor UMM Dr. Fauzan M.Pd menyampaikan, ke depan pihaknya akan mengadakan kompetisi ini rutin dua tahunan sebagai wujud komitmen UMM mendukung penuh olahraga sepak bola, sekaligus pembibitannya. “Kami akan tingkatkan kerjasama dengan KONI, baik di tingkat Malang Raya maupun Provinsi. Dari kompetisi ini, lahir Alea dan Jasmin lain yang bisa dipersiapkan menjadi pemain-pemain handal di kancah nasional maupun internasional,” pungkasnya. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional