Connect with us

Probolinggo

Arek Paiton Cetak Uang Palsu Belajar di Internet

Diterbitkan

||

Tersangka pembuat upal. (pix)

Memontum ProbolinggoMaraknya pemberitaan di medsos tentang pembuatan upal, berakhir sudah. Mohammad Fudlaili (26) warga Desa Taman Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo akhirnya ditangkap polisi, karena terkait upal, di tempat kos-nya di Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Senin (14/11/3017).

 

Ketika dikonfirmasi memontum.com, tersangka mengakui perbuatannya dikarenakan masalah ekonomi. Dan hanya bermodal printer seharga Rp 275.000, yang dibelinya melalui jual beli online dan kertas HVS, tersangka bisa mencetak ’uang rupiah’. Kegiatan itu, sudah dilakukan olehnya sejak 3 hari lalu.

Penggeledahan di tempat kos tersangka upal. (pix)

 

“Saya tahunya belajar mencetak uang dari melihat di internet. Dan saya buktikan buat beli barang tapi tidak berhasil, karena pemilik toko curiga. Saya bilang saja uang itu juga hasil kembalian dari orang lain,”ujarnya.

 

Tidak lama kegiatan tersangka tersebut diketahui anggota Polsek Kraksaan. Petugas kemudian menciduknya pada Selasa dini hari, sekitar pukul 02.00, di kamar kosnya di Kraksaan Wetan. Kemudian pada pagi harinya, polisi kembali menggeledah seluruh ruangan kamar kos tersangka.

 

Dari penggeledahan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 buah printer, uang palsu dalam pecahan 20, 50 dan 100 ribu rupiah, juga lembaran uang palsu yang belum sempat di potong. Begitu juga sebuah sepeda motor suzuki milik tersangka.

 

Memang uang palsu yang dicetak tersangka tersebut sangat kelihatan sekali karena tidak rapi dan tintanya masih belepotan. Selain itu, bentuknya sangat kasar karena terbuat dari kertas jenis HVS.

 

Menurut AKP Rianto, Kasat reskrim Polres Probolinggo mengatakan penangkapan ini karena ada laporan dari warga dan sementara tersangka di sel di polsek Kraksaan.

 

“Penangkapan ini berdasarkan laporan dari warga yang resah dengan adanya pencetakan uang palsu. Karena ity kami juga tengah menyelidikan keterlibatan tersangka dalam kasus lainnya.” uangkapnya.

 

“Tersangka kami tahan di sel tahanan Polsek Kraksaan, dan masih diperiksa intensif untuk pengembangan,”tambahnya. (pix/yan)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *