Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Bupati Berpesan, PO sebagai Pencak Silat Asli Lumajang Harus Dilestarikan

  • Rabu, 24 Oktober 2018 | 17:04
  • / 13 Safar 1440
Bupati Berpesan, PO sebagai Pencak Silat Asli Lumajang Harus Dilestarikan

Memontum Lumajang—-Bupati Lumajang, H.Thoriqul Haq, MML., menyaksikan Pelantikan Pengurus Pencak Organisasi (PO) Cabang Lumajang Periode 2018-2022, di Padepokan PO Lumajang, Rabu (24/10/2018) pagi. Abdul Ghofur, S.H., M.H., dilantik sebagai ketua Cabang PO Kabupaten Lumajang bersama 31 pengurus lainnya, dalam masa Bhakti 2018—2024. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat Pencak Organisasi Indonesia, Nurhadi, SH. MH.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M. ML., menyampaikan bahwa Pencak Organisasi merupakan pencak silat asli Lumajang yang dirikan oleh Mayjen Imam Sudja’i pada tanggal 27 Agustus 1927. Ia berharap pencak silat tersebut dapat dijaga kelestariannya.

“Saya yakin Mayjen Imam Sudjai mendirikan PO tidak hanya untuk kepentingan sendiri. PO menjadi bagian dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jadi adik – adik harus didasari bahwa kalian meneruskan perjuangan pahlawan dan turut melestarikan warisan bangsa,” tuturnya.

Cak Thoriq berharap, Pencak Organisasi sebagai salah satu pencak silat yang ada di Lumajang dapat menunjukkan eksistensinya. Melalui pembinaan atlet yang dilakukan secara rutin, diharapkan, PO dapat memunculkan atlet – atlet berprestasi bagi Lumajang.

“PO merupakan pencak silat yang asli dari Kabupaten Lumajang. Saya berharap bisa berprestasi, baik di tingkat Jawa Timur maupun di Nasional. Itu akan menjadi kebanggan tersendiri,” harap Bupati.

Kepala Bidang Organisasi Pengurus Pusat Pencak Organisasi Indonesia, Nurhadi, SH. MH., berterima kasih atas apresiasi Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada Pencak Organisasi. “Mudah-mudahan dengan perhatian yang luar biasa dari Pemkab ini, pengurus cabang PO Lumajang mampu menunjukkan prestasi yang lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Rohani, S.Sos., melaporkan, bahwa tujuan dari pelantikan ini untuk menyegarkan kepengurusan, sekaligus sebagai wahana konsolidasi dan koordinasi, untuk melestarikan seni beladiri budaya asli Lumajang. Pengurus Pencak Organisasi cabang Lumajang yang dilantik adalah masa Bhakti periode 2018-2022.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang menyerahkan penghargaan kepada peraih medali emas kelas C Putra dan Putri, serta peraih medali perak kelas C putra, pada kejuaraan Jakarta Championship.(adi/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional