Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Sumpah Pemuda, Pemkab Malang Serahkan Bantuan Bedah Rumah

  • Senin, 29 Oktober 2018 | 14:50
  • / 18 Safar 1440
Sumpah Pemuda, Pemkab Malang Serahkan Bantuan Bedah Rumah
Pelaksanaan Upacara Peringati Sumpah Pemuda ke-90 di halaman Pendopo Agung, jalan Agus Salim Kota Malang(Sur)

Memontum Malang—–Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Pemerintah Kabupaten(Pemkab)Malang serahkan bantuan sosial bedah rumah Senin (29/10/2018) pagi. Upacara yang berlangsung di Pendopo Agung Pemkab Malang ini mengusung tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’.

Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi yang dibacakan Wakil Bupati Malang Drs.HM.Sanusi MM menyampaikan, hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu hari sumpah pemuda ke-90 tahun 2018.”Pada tahun 1928 silam, para tokoh pemuda telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” ungkapnya.

Lanjut Sanusi, sebagai generasi muda, komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia. Sebab, dengan perkembangan teknologi informasi, sekarang ini para pemuda kita harus dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Perkembangan dan kemajuan teknologi ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Sebab, tambah Sanusi, dengan adanya Revolusi mental yang dicanangkan Bapak Presiden Ir Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju.

“Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat, karena pemuda sebagai generasi penerus harus menjadi pemersatu bangsa,” ulasnya.

Apalagi, imbuh Sanusi, di tahun 2019 nanti Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar, yaitu Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk.I Provinsi Jatim dan DPRD Tk.II Kabupaten Malang.

“Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas,” tandasnya.

Diakhir upacara, Wakil Bupati Malang, HM Sanusi menyerahkan secara simbolis 3 bantuan sosial berupa bedah rumah untuk 33 rumah yang ada di 33 Kecamatan dengan dengan nominal sebasar Rp 10 juta per rumah. (sur/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional