Memontum.Com

Pengukuhan Guru Besar Polinema

Saka Wira Kartika Kodim Mojokerto Gelar Bakti Pramuka Serentak di 24 Lokasi

  • Selasa, 30 Oktober 2018 | 00:05
  • / 19 Safar 1440
Saka Wira Kartika Kodim Mojokerto Gelar Bakti Pramuka Serentak di 24 Lokasi
Pembersihan tempat ibadah peringati HUT Ke-11 Saka Wira Kartika

Memontum Mojokerto – Memperingati HUT Ke-11, Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan Bakti Pramuka secara serentak di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018).

Sejumlah 847 orang terdiri dari 29 orang Pembina Kwartir, 168 orang Pembina Koramil, 585 anggota Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika dan 65 orang masyarakat melaksanakan karya bakti atau bakti pramuka yang berlangsung serentak di 19 Koramil jajaran Kodim 0815 Mojokerto.

Tercatat 24 lokasi yang menjadi sasaran bakti pramuka meliputi 17 titik pembersihan sarana ibadah dan 6 titik pembersihan fasilitas umum yang ada di wilayah Ranting Saka Wira Kartika Koramil masing-masing.

Dari 17 lokasi sarana ibadah yang menjadi sasaran bakti Pramuka, yaitu Masjid Roudlotul Jannah Prajurit Kulon, Musholla Baitul Rohim Desa Jati Pasar Trowulan, Masjid Darusallam Desa Gemekan Sooko, Mushola Desa Puri, Masjid Faturohman Dusun Randurejo Desa Mojowatesrejo Kemlagi, Masjid Desa Kupang Jetis, Mushola Nurul Huda Desa Awang Awang Mojosari.

Berikutnya pembersihan Masjid Baiturrahman Desa Peterongan Bangsal, Masjid Al-Ikhlas Desa Tunggalpager Pungging, Mushola Al Islami Desa Sedati Ngoro, Mushola Dusun Kepuhsari Desa Kepuharum Kutorejo, Masjid Besar Darusallam Dusun Sroyo Desa Dlanggu, Masjid Baitul Gofar Jalan A. Yani Desa Sumengko Jatirejo, Masjid Baitul Mu’min Desa Bendunganjati Pacet, Mushola Al Ikhsan Desa Penanggungan Trawas dan Masjid Al Hazimi Jl. Raya By Pass Kota Mojokerto,

Selain pembersihan sarana ibadah, sejumlah 7 fasilitas umum menjadi sasaran Bakti Pramuka, yakni Pembersihan Panti Werda Sooko, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Sawo Desa Puri, Pangkalan SMAN 1 Gedeg, Puskesmas Desa Pulorejo Dawarblandong, Jalan Desa Balongjati Desa Mojowatesrejo Kemlagi, Pangkalan MA Hikmatul Amannah Desa Bendungan Jati Pacet dan pembersihan Sungai Desa Pohjejer Gondang.

Sehari sebelumnya, Sabtu (27/10) kegiatan serupa juga berlangsung di wilayah Pos Ramil Mojoanyar dengan sasaran pembersihan Masjid Al-Hidayah SMKN 1 Mojoanyar Dusun Damarsih Desa Kepuh Anyar dan Masjid Al-Mustofa Dusun Wonoayu Desa Kepuh Anyar.

Dandim 0815 melalui Pasiter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arah Supriyono, mengungkapkan Bakti Pramuka atau karya bakti yang dilaksanakan Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto dalam rangka HUT Saka Wira Kartika Ke-11 Tahun 2018-10-29

Kegiatan ini, merupakan pengamalan dari Dasa Darma Pramuka yang merupakan pedoman bagi Pramuka dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya pada poin “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.

“Tentunya kita patut berbangga dengan kegiatan yang dilaksanakan Saka Wira Kartika ini dalam memperingati hari kelahirannya yang ke-11,” tandasnya.

“Saka Wira Kartika sebagai bagian dari Pramuka dan masyarakat sekaligus sebagai generasi muda, sudah seharusnya memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan menjaga kelestarian alam, semoga kesadaran dan kepedulian Saka Wira Kartika ini dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat berdasarkan Keputusan Bersama Kepala Staf Angkatan Darat dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 182/X/2007 dan 199 Tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan. Pembentukan Saka Wira Kartika ini, bertujuan untuk menumbuhkan dan membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan NKRI.(den/gan/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional