Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Pasir Lumajang, Potensi yang Seharusnya Menunjang PAD

  • Selasa, 30 Oktober 2018 | 18:07
  • / 19 Safar 1440
Pasir Lumajang, Potensi yang Seharusnya Menunjang PAD

Memontum LumajangBupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., bersama Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., dan Sekretaris Daerah serta beberapa Kepala OPD terkait silaturahmi dengan Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Lumajang di Panti PKK, Seni malam (29/10/2018).                 Cak Thoriq menyampaikan silaturhami tersebut bertujuan untuk menjalin sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Lumajang dan para Pengusaha Penambang pasir.  Menurutnya, silaturrahmi itu,  untuk sinergitas yang betul-betul saling menguntungkan.

“Harus ada kesepahaman antara kami, yang harus meneruskan pembangunan di Kabupaten Lumajang,”  jelasnya.

Cak Thoriq menjelaskan, kekayaan pasir di Lumajang merupakan potensi yang seharusnya menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Potensi pasir yang menjadi kekuatan landasan APBD Kabupaten Lumajang harusnya menjadi bagian kenyataan yang bisa saling mengisi dalam pembangunan infrasktruktur,” tandasnya.

Pemasukan PAD tersebut, akan digunakan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk memenuhi kebutuhan pembangunan pemerataan infrastruktur dan lainnya di Kabupaten Lumajang. Disampsiksn, Pemerintah Daerah akan mengambil langkah tegas kepada para oknum yang menyalahi aturan.  “Kami harus tegas dengan pertambangan ilegal. Kami juga harus tegas kepada aparatur kami yang menyalahi aturan,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Cak Thoriq mengurai setiap permasalahan yang merugikan pemerintah Kabupaten Lumajang dan masyarakat Lumajang.

Sementara itu, salah satu perwakilan APRI, Jamal, berharap pemerintah tetap melakukan penertiban ilegal mining. Ia pun mengapresiasi langkah pemerintah yang melakukan operasi tambang pasir beberapa waktu yang lalu.              “Saya salut kepada pemerintah daerah, yang kapan hari melakukan operasi langsung pasir diturunkan, itu kawan-kawan dari pemerintah sudah bagus tindakanya, saya harap itu rutin dilakukan,” ungkapnya

Bukan kabar baru lagi bahwa Pasir di Lumajang menjadi incaran pengusaha lokal maupun internasional karena jumlah pasir yang melimpah dan kualitasnya dianggap paling bagus, Pasir Lumajang memiliki kualitas baik untuk bahan konstruksi bangunan. Sejumlah proyek bangunan  menetapkan pasir Lumajang sebagai spesifikasi bangunan,
Para penambang pasir menambang di sejumlah sungai di aliran bawah Gunung Semeru, Penambang lantas mengirim pasir ke sejumlah lokasi penampungan pasir di sepanjang jalan utama Lumajang. Selanjutnya, pasir dikirim ke sejumlah kota. Kabupaten Lumajang kaya akan pasir, ini lantaran mendapat muntahan dari gunung Semeru. Kemudian dibawa air sungai, Pasir Lumajang sangat cocok dipakai bahan cor atau campuran beton karena lebih rekat dan sedikit kandungan lumpurnya.(adi/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional