Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Ma’ruf Amin Berkunjung ke Bondowoso

  • Selasa, 30 Oktober 2018 | 22:22
  • / 19 Safar 1440
Ma’ruf Amin Berkunjung ke Bondowoso
Ma'ruf Amin ke Ponpes Mambaul Ulum Wonosari Bondowoso

* Ponpes, Inkubator Kader Perjuangan Ulama

 
Memontum Bondowoso – Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan rangkaian kegiatan di Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, mulai Senin (29/10/2018) sore hingga Rabu (31/10/2018).

Kunjungan kali ini ke kabupaten Bondowoso. Lokasi yang dituju Ma’ruf Amin beserta rombongannya yakni ke Pesantren Mambaul Ulum Tangsil Wetan Kecamatan Wonosari, Selasa (30/10/2018).

Saat berada di Ponpes Mambaul Ulum, KH Ma’ruf Amin mengemukakan, keberadaan Pondok Pesantren di Indonesia memiliki peran yang sangat besar untuk melanjutkan peran ulama, yang akan mengentaskan manusia dari jahiliyah menuju cahaya iman dan Islam.

“Jahiliyah selalu kembali, datang dan pergi. Kalau jahiliyah datang, Allah mengirimkan Nabi, diantaranya Nabi Nuh, Musa, Isa dan terakhir Nabi Muhammad SAW, dan pengganti Nabi adalah para ulama,” tutur calon wakil presiden Joko Widodo ini, saat bersilaturrahmi ke Pondok Pesantren Manbaul.

Mustasyar PBNU ini mengemukakan, pondok pesantren merupakan inkubator untuk melahirkan kader ulama yang akan melanjutkan perjuangan ulama sebelumnya. Sehingga tidak perlu dihawatirkan, agama Islam akan hilang karena pondok pesantren masih tetap eksis.

“Ulama tidak selamanya hidup, oleh karenanya perlu ada kaderisasi, melalui upaya-upaya dengan menyiapkan orang-orang yang paham agama, ya melalui pondok pesantren,” katanya.

Ia juga mengatakan pondok pesantren harus terus dikembangkan, bahkan perlu ada undang-undang tentang pondok pesantren, agar keberadaannya dilindungi memiliki kedudukan hukum yang kuat. “Minimal ada Dirjen bahkan juga ada kementerian urusan pesantren,” tandasnya.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum, KH Salwa Arifin, bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran tokoh besar seperti KH Ma’ruf Amin. Ia berharap, kehadiran cicit Syekh Nawawi ini membawa barokah, khususnya kepada Pesantren Mambaul Ulum. “Kami mengharapkan arahan dan bimbingan untuk kemajuan pondok pesantren Manbaul Ulum,” kata Bupati Bondowoso ini.

Kiai Ma’ruf mendoakan para korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. “Mudah-mudahan para korban yang meninggal diterima di sisi Allah SWT dan ditempatkan di tempat yang layak, juga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan,” kata Kiai Ma’ruf yang diamini ribuan orang yang hadir. (ifa/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional