Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Pamsimas Kabupaten Malang Raih Penghargaan

  • Selasa, 6 November 2018 | 18:03
  • / 26 Safar 1440
Pamsimas Kabupaten Malang Raih Penghargaan
Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang(Dok)

Memontum Malang—- Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) belakangan ini raih penghargaan.Penghargaan tersebut berupa program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang menjelaskan, keberhasilan tersebut didasarkan pada peran aktif masyarakat sebagai subjek Pansimas.

Disebutkan,di Kabupaten Malang persoalan air minum dan sanitasi selain menjadi bagian program strategis juga di sisi sinergitas antara satu badan/dinas terkait bersama masyarakat pemanfaat telah terbentuk secara baik.

“Partisipasi dan kesadaran masyarakat penerima bantuan Pansimas yang menjadi indikator keberhasilan program yang telah berjalan sejak tahun 2008 ini. Pemberdayaan yang memang menjadi tolok ukur keberhasilan Pansimas ini,” terang Wahyu Hidayat ketika dikonfirmasi, Selasa (6/11/2018)siang tadi.

Atas keberhasilan tersebut,Pemkab Malang meraih penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik III.
Indikator keberhasilan program ini terlihat dari capaian mengenai air minum bersih dan sanitasi di wilayah perdesaan Kabupaten Malang yang telah mencapai sekitar 80-90 persen.

“Capaian tersebut tentunya tidak bisa dicapai kalau sinergitas seluruh unsur pemerintah daerah dan masyarakat tidak terjalin baik. Keberhasilan dalam hal ini bisa dicapai juga dengan adanya kesadaran masyarakat. Inilah yang membuat kita masuk sebagai Kabupaten Terbaik III,” papar Wahyu.

Ditambahkan,Pansimas memang diproyeksikan untuk mendukung dua agenda nasional. Diantarnaya adalah meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.
“100 porsen akses air minum bersih dan 100 porsen akses sanitasi. Kabupaten Malang untuk air bersih sudah mencapai 90 persen di tahun ini,” imbuhnya.

Kedepan pihaknya berharap, program ini menghasilkan hasil kongkrit yakni tumbuhnya inisiatif, dan partisipasi aktif masyarakat sehingga tertanam mindset turut aktif melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakat.
“Karena Pansimas ini berbasis masyarakat. Maka tentu pendekatan terhadap masyarakat secara kontinyu menjadi kunci keberhasilan program. Pendekatan pemberdayaan yang dipilih,” ulas Wahyu mengakhiri. (sur)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional