Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Optimalisasi Peran Satuan Linmas, Ini Penjelasan Pabungdim 0815

  • Rabu, 7 November 2018 | 22:57
  • / 27 Safar 1440
Optimalisasi Peran Satuan Linmas, Ini Penjelasan Pabungdim 0815
Suasana optimasi peran satuan Linmas Desa

Memontum Mojokerto – Bela Negara Dalam Upaya Menciptakan Ketahanan Nasional Guna Menjaga Keutuhan NKRI, menjadi materi pokok Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri saat menjadi pemateri pada kegiatan Optimalisasi Peran Satuan Linmas Desa per Kelurahan Dalam Pam Swakarsa Tahun 2018, Rabu (7/11/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan Satpol PP Kabupaten Mojokerto berlangsung di Unit Pelatihan Kerja (BLK) Disnaker Provinsi Jatim, Jalan Raya Pasinan Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (7/11/2018)

Dalam materinya, Pabung Kodim 0815 Mayor Arm Imam Duhri, menegaskan bahwa NKRI adalah negara besar, yang kaya potensi sumber daya alam (SDA), apabila di kelola dengan baik secara benar akan menjadi modal dasar pembangunan. Namun kekayaan SDA tersebut, berpotensi memunculkan berbagai ancaman dari negara yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Menengok sejarah merebut kemerdekaan, lanjut Pabung, yang diawali dari perjuangan bersifat kedaerahan, kemudian muncul semangat kebangsaan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo 20 Mei 1908, kemudian diikuti para pemuda nusantara yang menggelorakan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Dengan perjuangan yang gigih sehingga mampu menghantarkan Bangsa Indonesia dalam memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

“Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ternyata masih menyisakan sejumlah ancaman berupa pemberontakan separatis yang berusaha mengoyak kewibawaan dan keutuhan NKRI,” tandasnya.

Masih papar Pabung, untuk menjaga, memelihara dan mempertahankan keutuhan bangsa atau NKRI kita dan semua warga negara berkewajiban malaksanakan pembelaan terhadap negara atau bela negara. Namun tentunya semangat bela negara harus tetap berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang dikenal dengan Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional