Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Jelang AUN-QA, UM Tingkatkan Penjaminan Mutu

  • Selasa, 20 November 2018 | 16:10
  • / 11 Rabiul Uula 1440
Jelang AUN-QA, UM Tingkatkan Penjaminan Mutu
Para peserta, pembicara, dan panitia UM-QA Workshop.

Memontum Kota Malang—-Usai Workshop Quality Assurance di Laos, Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan serupa di UM, sebagai bentuk penyiapan strategi penjaminan mutu UM dan berbagi pengalaman proses penjaminan mutu di UM kepada universitas lain. Kegiatan bertajuk “UM Quality Assurance Workshop”, berlangsung di Hotel The 101 OJ Malang, selama 4 hari, Minggu-Rabu (18-21/11/2018). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Satuan Penjaminan Mutu (SPM), Kantor Hubungan Internasional (HI) UM, Islamic Development Bank (IsDB), dan ASEAN-QA.

 Para pembicara utama.

Para pembicara utama.

Ketua SPM UM, Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd menyampaikan, bahwa pasca kegiatan di Laos, dalam workshop lanjutan ini, peserta diharapkan mampu menyelenggarakan kegiatan yang sama di lembaga masing-masing. “Kegiatan ini pertama dilakukan oleh SPM UM, untuk lebih menyiapkan strategi penjaminan mutu UM dan juga berbagi pengalaman proses penjaminan mutu di UM kepada universitas lain. Orientasi lain dari kegiatan UM-QA Workshop ini adalah memperluas jaringan UM di kancah ASEAN. UM saat ini telah menyiapkan standarisasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Proses pengajuan telah kami kirimkan, tinggal menunggu proses visitasi bulan Mei 2019 mendatang,” terang dosen Bahasa Indonesia Fakultas Sastra UM ini.

Hadir sebagai pembicara utama, diantaranya Ina Grieb (Former Vice President for Academic Affairs University of Oldenburg, Germany), Concepcion Pijano (anggota EU-Share Expert Working Group on Quality Assurance, Philippine), dan Iffi Fitriah (Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu, Universitas Borneo Tarakan). Selain itu, turut hadir pembicara dari dalam UM, yaitu Prof. Yazid Basthomi, Syamsul Bachri, Ph.D., Evynurul Laily Zen, S.S., M.A., dan Maria Hidayati, S.S., M.Pd.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan UM-QA Workshop, Maria Hidayati, S.S., M.Pd menuturkan, sekitar 38 peserta ikut UM-QA, terdiri 2 peserta internasional, 22 peserta nasional, dan 14 peserta dari internal UM dari perwakilan Fakultas di lingkungan UM. “Para peserta kami jaring melalui Call Paper Aplication, dan undangan kepada beberapa perguruan tinggi mitra UM. Pada hari pertama kegiatan, difokuskan pada diskusi tentang sistem penjaminan mutu internal, hari kedua tentang sistem penjaminan mutu eksternal dan kaitan dari keduanya, dan hari ketiga membahas tentang perkembangan sistem penjaminan mutu masa lalu, masa sekarang, dan yang akan datang,” terangnya. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional