Connect with us

Sidoarjo

Bangun Gapuro, Wujudkan Nuansa Kerajaan di Desa Kraton

Diterbitkan

||

Kepala Desa Kraton, Muhammad Mashudi, memantau pembangunan gapuro gerbang masuk desa. (par)

Memontum SidoarjoSesuai dengan namanya Kraton, pemerintah desa Kraton Kecamatan Krian hendak mewujudkan desanya benar benar bernuansa kraton seperti pada jaman kerajaan tempo dulu. Misalnya pawai budaya dengan tampilan peserta bertema kerajaan sudah terlaksana setiap tahun.

Kini giliran infrastruktur desa yang didesain seperti kraton. Diawali pembangunan pintu masuk ke balai desa dengan dibangun gapuro menyerupai pintu gerbang kerajaan. Kepala Desa Kraton Muhammad Mashudi, menyatakan pihaknya ingin keberadaan nuansa kraton benar ada di desa Karaton.

Hal ini diwujudkan dengan pembangunan gapuro setinggi 10 M lebar 8 M di pintu masuk halaman balai desa. Pintu dari kayu besar akan melengkapi nuansa kuno bangunan yang tersusun dari batu bata merah. Pagar depan balai desa juga akan di disain mendukung gapuro sehingga dari luar nampak ada Kraton di dalamnya.

Pembangunan gapuro tersebut dapat menjadi pilihan setelah banyak pembangunan infrastruktur yang berada ditengah warga terlaksanan dengan baik. Sumber anggaran dari Dana Desa dapat memberi keahlian dan penghasilan warga yang terlibat dalam pembangunanya.

T entunya didukung oleh tenaga ahli di bidang tersebut Ini agar sesuai dengan namanya, desa Kraton “ Sebelumnya, kegiatan bernuansa budaya sudah ada ditengah warga, dan saya akan mengajukan bantuan seperangkat gamelan kepada Dinas Pariwisata untuk mendukungnya,” jelasnya. (par/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *