Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Peduli Pedagang, Perbanyak OBA

  • Kamis, 29 November 2018 | 16:44
  • / 20 Rabiul Uula 1440
Peduli Pedagang, Perbanyak OBA
Salah satu Outlet Binaan Alfamart (OBA) yang telah diupgrade menjadi semi modern.(ist)

Memontum Malang PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) mengajak pedagang dan warung kelontong berbenah lebih profesional, dalam menghadapi persaingan global.

“Caranya dengan membina mereka untuk menerapkan konsep dan manajemen ritel modern. Mereka kami ajak bergabung sebagai member secara gratis,” ungkap Regional Corcom Manager PT SAT Mochammad Faruq Asrori.

Para pedagang kelontong tersebut diberikan pelatihan dan didorong untuk menjadi Outlet Binaan Alfamart (OBA). Sebagai bukti keseriusan Alfamart, sekarang ada 92 toko Alfamart di Cabang Malang yang berfungsi sebagai Store Sales Point (SSP) yang melayani kemitraan dengan pedagang maupun warung kelontong.

Menurut Faruq, Setiap SSP punya Member Relation Officer (MRO) yang mendampingi para pedagang yang menjadi member. Para pedagang tersebut dilayani mengambil barang dengan harga bersaing di SSP Alfamart. “Tim MRO yang menyuplai barang ke toko milik pedagang, selalu memberikan transfer knowledge dalam setiap kunjungan,” jelas Faruq yang mantan wartawan ini.

Dari sejumlah pedagang tersebut, banyak yang warungnya diupgrade menjadi toko semi modern dan bernama toko OBA. “Dengan tampilan yang lebih menarik berbentuk toko semi modern, tentunya omzetnya juga meningkat,” tukasnya.

Saat ini di Malang ada sekitar 26 toko OBA antara lain 3 di Dampit, 3 di Gondanglegi, 6 di Kepanjen, 5 di Tumpang, dan lain lain.

Program OBA tersebut, kata Faruq sebagai perwujudan visi Alfamart. Yakni ingin menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas dan berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil. “Program OBA sesuai dengan visi kami yang ingin tumbuh dan berkembang dengan pedagang kecil,” pungkasnya. (fiq/ono)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional