Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Gerak Jalan Mojosuro Diberangkatkan Pakde Karwo

  • Minggu, 2 Desember 2018 | 15:43
  • / 23 Rabiul Uula 1440
Gerak Jalan Mojosuro Diberangkatkan Pakde Karwo
Peserta gerak jalan Mojosuro bersiap di tempat Start

Memontum Mojokerto – Memperingati hari pahlawan Gubernur Jatim Drs.H.Soekarwo berangkatan peserta gerak jalan tradisional Mojokerto-Surabaya(Mojosuro)Sabtu(1/12/2018).
Gerak jalan dalam rangka peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2018 kemarin ,baru hari ini bisa digelar oleh Dispora Jatim. Gerak jalan yang mengambil rute start dari kota Mojokerto dan finish di Tugu Pahlawan Surabaya.

Start dari Lapangan Surodinawan Kota Mojokerto pukul 15.00 WIB di berangkatkan langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo(pakde Karwo),didampingi Kadispora Jatim,serta Sekda Kota Mojokerto.Dan gerak jalan ini berakhir atau finish di Tugu Pahlawan Surabaya pada Minggu (02/12/18) pukul 06.00 WIB.

Menurut Kadispora Jatim Drs.Supratomo,Msi total hadiah yang di sediakan Rp118,5 juta kepada para pemenang lomba gerak jalan Mojokerto Surabaya. Total hadiah itu bakal diperebutkan oleh peserta dari semua nomor gerak jalan yang diperlombakan yaitu beregu pelajar 41 peserta,beregu umum 453 peserta,dan beregu TNI/Polri 42 peserta.

“Gerak jalan ini ada dua kategori yaitu kategori kelompok dan kategori perorangan,” jelasnya.

Masih kata Supratomo,Para peserta diharuskan menempuh rute sepanjang 56 kilometer.Dan ada dua pos istirahat untuk para peserta,yaitu pos pertama berada di Krian Sidoarjo dan pos kedua ada di Sepanjang Sidoarjo”.
Kreteria penilaian gerak jalan Mojokerto Surabaya ini,di samping kekompakan peserta,juga dilihat dari kostum yang semenarik mukin.

“Kostum para peserta yang unik dan menarik ini menjadi penilaian tersendiri bagi para juri,seperti kostum pejuang”45,kostum pocong,dan kostum pakaian adat Jawa,” pungkasnya

Untuk diketahui gerak jalan Mojokerto Surabaya sudah dilakukan setiap tahun,dan rute yang diambil dari Mojokerto menuju Surabaya merupakan napak tilas para pejuang 10 November 1945 dalam mempertahankan kota Surabaya dari serangan tentara sekutu.(den/gan/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional